Jakarta (ANTARA) - Sejumlah masyarakat mungkin tidak bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga karena pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik tahun ini.

Meski tidak bisa bertemu secara fisik, perayaan Lebaran tahun ini bisa disiasati dengan pertemuan online lewat video call atau panggilan video bersama keluarga, saudara dan teman.

Berdasarkan pengalaman tim ANTARA bekerja dari jarak jauh selama pandemi, beberapa cara berikut ini bisa juga diterapkan untuk panggilan video saat Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

Baca juga: Tata Janeeta rayakan lebaran dengan silahturahmi "online"

1. Siapkan jaringan internet yang memadai
Sebelum panggilan video, tentu pengguna harus punya jaringan internet agar bisa tersambung ke komunikasi jarak jauh ini.

Cari penyedia layanan internet yang kualitasnya baik sesuai dengan tempat tinggal saat ini, apakah berupa fixed broadband (internet rumahan) atau mobile broadband (kuota internet ponsel).

Jika menggunakan internet ponsel, pastikan sudah memiliki kuota yang cukup supaya bisa melakukan panggilan video. Pengguna bisa mulai berburu paket internet yang menyediakan banyak kuota atau promosi untuk panggilan video.

2. Pasang aplikasi
Jika memungkinkan, pasang beberapa aplikasi panggilan video sekaligus di perangkat ponsel supaya bisa tinggal mengklik "join" ketika mendapat undangan konferensi video.

3. Tentukan jumlah peserta
Jika diminta menjadi organisator atau penyelenggara silaturahmi online, perkirakan berapa jumlah peserta yang akan ikut supaya bisa menentukan aplikasi apa yang akan dipakai.

Misalnya, jika ingin bertemu dengan keluarga inti yang berjumlah lima orang, pengguna bisa menggunakan fitur panggilan video yang tersedia di aplikasi WhatsApp. Tapi, jika ingin bertemu keluarga besar hingga 50 orang, mungkin memerlukan aplikasi berbayar seperti Zoom.

4. Bersihkan kamera depan
Tentu setiap orang ingin tampil sebaik mungkin meski pun hanya bisa bertemu secara virtual pada Idul Fitri tahun ini. Pastikan penampilan ditunjang dengan kamera yang bersih agar bisa menangkap gambar dengan baik dan jernih.

Bersihkan layar ponsel dengan tisu atau lap halus sebelum panggilan video, terutama di bagian kamera depan.

5. Sudut terbaik dan perangkat tambahan
Setelah menyiapkan perangkat, tentukan sudut terbaik di rumah agar merasa nyaman saat panggilan video. Selain cukup cahaya, sinyal internet juga bisa tertangkap dengan baik di tempat ini.

Siapkan meja dan kursi agar tidak melulu harus berdiri selama video call. Gunakan juga perangkat tambahan seperti penyangga ponsel, tripod atau gimbal agar tangan tidak pegal terutama jika panggilan video berdurasi lama atau memiliki beberapa jadwal dalam sehari.

Jika tidak punya penyangga ponsel, gunakan benda-benda di sekitar seperti tumpukan buku, botol minum atau stoples kue.

6. Tangkapan layar
Jangan lupa untuk berfoto bersama saat Lebaran virtual nanti, dengan menggunakan fitur tangkapan layar (screenshot atau screencapture).

Agar suasana Lebaran terasa lewat foto, pengguna bisa janjian menggunakan baju Lebaran atau memanfaatkan hiasan atau makanan khas Hari Raya Idul Fitri.


Baca juga: Tips berlebaran lewat konferensi video

Baca juga: Cara hemat baterai ponsel saat silaturahmi virtual

Baca juga: Lindungi diri dari pandemi lewat silaturahmi virtual


 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021