Jakarta (ANTARA) - Kim Dong Wan yang merupakan anggota dari grup idola generasi pertama Shinhwa mengecam peniru dirinya di media sosial karena telah menipu beberapa orang termasuk melakukan "romance scam".

Ia mengecam peniru dirinya dan selebriti lain melalui instagram storiesnya pada Sabtu (15/5).

"Selalu ada pengkhianat di dunia online, bahkan sejak saat saya menggunakan Facebook. Satu dari penggemar saya melaporkan mereka telah menjadi korban dari penipuan romantis yang dilakukan akun peniru itu," kata Kim Dong Wan yang memiliki akun instagram @danedwkim11 itu dilansir dari Soompi, Minggu.

Baca juga: Dongwan kecam industri hiburan Korsel pasca-meninggalnya Sulli

Ia juga mencontohkan, tidak hanya dirinya yang mengalami pencurian identitas tapi juga selebriti lainnya karena pria yang terlibat dalam drama "The Vortex" itu pernah dihubungi oleh salah seorang penipu di media sosialnya yang mengambil identitas selebriti lainnya.

Berkaca dari situ, ia mengajak seluruh orang yang menggunakan media sosial untuk lebih bijak.

"Dalam dunia online yang menjaga anonimitas ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kebohongan dan penipuan akan merajalela, jadi kita harus melakukan upaya yang konsisten untuk tetap waspada. Baik saya dan Anda semua," kata pria yang sudah aktif di dunia hiburan Korea sejak 1998 itu.

Ia pun memperingati agar sang penipu yang menggunakan identitas dirinya tidak lagi melakukan kegiatan serupa sehingga tidak merugikan banyak orang.

Baca juga: Minwoo Shinhwa bebas tuduhan pelecehan seksual

Baca juga: Shinhwa rayakan 20 tahun dengan konser dan album baru

Baca juga: Shinhwa kini punya akun Instagram resmi

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021