Roma (ANTARA News/Reuters) - Pemain depan Juventus kelahiran Brasil, Amauri, Senin mendapatkan hak untuk memperkuat juara dunia Italia, setelah ia memperoleh kewarganegaraan Italia pada suatu upacara di Turin.

"Saya merasa senang dan emosional," kata Amauri kepada wartawan pada akhir proses birokrasi yang sering tertunda. "Ini merupakan penantian panjang, tetapi kini saya bangga menjadi warga negara Italia.

"Bila saya mempunyai kesempatan untuk memakai kaos seragam Italia, akan menjadi orang yang paling bahagia di dunia," katanya.

Pemain berusia 29 tahun tersebut, yang menghabiskan hampir semua karir seniornya di Italia, merupakan di antara calon kuat untuk masuk tim Azzurri untuk berlaga di Piala Dunia dan pelatih Marcello Lippi mengatakan ia akan dipertimbangkan bila sudah mendapatkan paspor.

Kesempatan Amauri terhalang oleh penampilannya yang kurang meyakinkan tahun lalu dalam memperkuat Juve, yang dalam posisi bahaya kehilangan tempat di kualifikasi Liga Champions musim mendatang.

Ia berhak memperkuat Italia karena ia tidak pernah mewakili negara kelahirannya. Ia dipilih pelatih Brasil Dunga untuk pertandingan persahabatan melawan The Azzurri tahun lalu, tetapi Juve tidak mengizinkannya karena permintaanya terlalu terlambat berdasarkan peraturan FIFA. (S005/K004)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010