Polokwane (ANTARA News) - Lionel Messi sukses dalam debutnya sebagai kapten timans Argentina setelah mereka menghancurkan tim ultra defensif Yunani dengan skor 2-0 dan melenggangkan negara itu ke putaran kedua Piala Funia sebagai juara Grup B sekaligus menendang keluar peluang Yunani, dalam pertandingan Rabu dini hari.

Argentina mematahkan perlawanan Yunani pada sekitar 13 menit terakhir laga itu melalui bek tengah Martin Demichelis yang menembakkan bola ke gawanbg setelah tendangannya dihalau barisan belakang Yunani.

Messi memberi kesempatan kepada  Martin Palermo untuk mencetak gol kedua memanfaatkan bola muntah dari kiper Yunani di menit 89,  setelah sang kapten muda Argentina itu menggocek bola dari lapangan tengah dan kemudian melesakkan tendangan yang diblok oleh kiper Alexandros Tzorvas.

Messi, yang menjadi kapten timnas Argentina termuda hanya beberap hari menjelang ulang tahunnya yang ke-23, dua kali berupaya mencetak gol namun digagalkan oleh Tzorvas yang semalam menjalani malam tersibuknya (menghalau serbuan Argentina.)

Kiper yang dua kali menyelematkan gawang Yunani dari berondongan tembakan Sergio Aguero di babak pertama itu juga berhasil mengatasi tendangan pemain tengah Argentina Mario Bolatti.

Messi ditempel ketat oleh Socratis Papastathopoulos, namun dia tetap bisa menunjukkan keahliannya mumpuninya dalam memainkan bola.

Penyerang Yunani Giorgos Samaras memiliki peluang bagus di awal babak kedua di kiri kotak penalti Argentina di mana tendangannya melenceng ke kanan gawang dalam upaya paling maksimal Yunani setelah sepanjang babak pertama nyaris tak bisa berbuat apa-apa.

Veron


Pada 20 menit setelah pertandingan di mulai, sebuah umpan menyusur disalurkan Juan Sebastian Veron ke Aguero, namun tendangan Aguero ke kiri gawang berhasil diamankan oleh Tzorvas.

Veron kemudian mengambil tendangan penjuru langsung ke mulut gawang yang dengan gemilang dihalau sang kiper Yunani menjauhi mistar gawang.

Beberapa saat setelah itu, Aguero kembali berada di posisi membahayakan manakala dia mendapatkan umpan matang dari sayap kanan, namun tendangannya diblok oleh Loukas Vyntra.

Samaras kemudian mengirim bola ke Kostas  Katsouranis yang gagal dikejarnya.

Sergio Romero harus berjibaku menahan tendangan bebas kapten Yunani Giorgos Karagounis, sementara Tzorvas harus mati-matian menahan tmebakan Maxi Rodriguez dan Messi di awal babak kedua.

Demichelis kemudian mengubah kebuntuan Argentina lewat tendangannya setelah sundulannya berhasil ditahan barisan pertahanan Yunani.

Namun pada gol kedua, Messi memiliki andil terbesar saat dia menembakkan bola namun ditepis kiper untuk kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Martin Palermo.  2-0 untuk Argentina. (*)

Reuters/jafar sidik

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010