Pretoria (ANTARA News) - Penyerang Paraguay Roque Santa Cruz mengatakan timnya sadar mereka bisa menorehkan sejarah dengan melaju ke perempat final untuk kali pertama.

Prestasi terbaik Paraguay di Piala Dunia (PD) adalah mencapai babak enam belas besar. Empat tahun lalu di PD Jerman Santa Cruz dan kawan-kawan langsung tersingkir di babak pertama. Paraguay akan menghadapi Jepang di babak perdelapan final untuk memperebutkan tiket ke perempat final, Selasa (29/6).

"Itu hal besar. Kami negara kecil dan dengan semua masalah, hanya itu kebahagiaan yang mereka dapat. Tentu saja orang akan banyak berharap. Bila kami mencapai perempat final itu akan menjadi penghargaan terbesar dalam sejarah kami," kata penyerang Manchester City itu, seperti dikutip The Sun.

Santa Cruz mengatakan kondisi fisik para pemain Paraguay akan menjadi modal penting untuk mengalahkan Jepang.

"Saya pikir itu akan menjadi pertarungan ketat dan dalam hal penguasaan bola, tetapi saya pikir penampilan fisik kami akan membuat perbedaan. Mereka sangat kompak dan mereka menyerang dengan sangat cepat jadi kami harus waspada tetapi pada umumnya kami mencari melihat permainan kami," kata Santa Cruz.

Jepang yang juga belum pernah masuk perempat final PD melaju ke babak perdelapan final berkat kemenangan atas Denmark 3-1.

Dua gol Jepang lahir melalui tendangan bebas Keisuke Honda dan Yasuhito Endo. Santa Cruz menyadari kekuatan Jepang dalam bola mati dan dia mengatakan timnya harus mewaspadainya.

"Jenis permainan ini kadang ditentukan oleh bola mati. Dan kami harus waspada pada hal itu. Saya pikir kami lebih memiliki kemampuan fisik yang hebat dibanding mereka, kami harus memastikan  mereka tidak membuat masalah dari bola mati," kata pemain berusia 28 tahun itu.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010