Surabaya (ANTARA News) - Kelompok musik hip hop Muslim asal Amerika Serikat (AS), Remarkable Current, dalam pertunjukannya di Surabaya mengajak masyarakat Kota Pahlawan itu melantunkan kalimat syahadat sebagai kecintaan terhadap Islam.

"Kami senang bisa menghibur masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya merupakan umat Muslim terutama di Surabaya. Kami datang ke sini sekaligus silaturahim untuk mempererat tali persaudaraan," kata salah satu vokalis Remarkable Current, Kumasi Ahmed Simmons, Kamis (30/9).

Apalagi, kata dia, saat berada di Surabaya masyarakat Kota Pahlawan memberikan sambutan luar biasa kepada seluruh anggota kelompok musiknya yang berasal dari Oakland, California, AS.

"Laa Illahaillallah Muhammadarrasulullah," ujar pria tinggi itu, ketika meminta para penonton menirukan suara dan aksinya di panggung.

Di sisi lain, Hubungan Masyarakat (Humas) Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Emily Norris, mengemukakan bahwa pemilihan hip hop untuk dihadirkan dalam kegiatan klinik musik dan "Hip Hop for Unity Remarkable Current" karena jenis musik tersebut lebih mendunia. Upaya ini sengaja disajikan sebagai ajang pertukaran budaya.

"Kami juga pernah melakukan kegiatan pertukaran budaya pada bulan Februari lalu yang ditampilkan oleh sejumlah kelompok tari," katanya.

Ia menyebutkan, kelompok musik bergaya fusion modern dan penuh energi itu terdiri atas musisi, penulis lagu, dan produser yang disatukan karena minat mereka yang tinggi terhadap musik dan tradisi keislaman.

"Sebelum datang ke Surabaya, kelompok musik ini juga menarik perhatian ribuan penonton di Jakarta, Padang, dan Medan," katanya.

Sementara itu, Konsul Jenderal AS di Surabaya, Kristen F. Bauer, menambahkan, pada penampilan kelompok musik yang ditunjuk Pemerintah AS sebagai Duta Musik Hip Hop dalam "Programme Art Initiative" ikut dimeriahkan oleh kelompok musik ternama Indonesia.

"Kini, mereka (Remarkable Current) ikut membaur bersama Saykoji dan Soul ID. Kalau Rabu (29/9), mereka bertemu dan berdialog dengan anak - anak binaan Yayasan Nurul Hayat di STIE Perbanas Surabaya. Bahkan, memberikan klinik musik hip hop bagi anak muda Surabaya," katanya.

Terkait keseluruhan anggota kelompok musik yang tampil penuh semangat dan tampak akrab dengan masyarakat Surabaya, lanjut dia, di antaranya Erik Rico Holloway (penabuh drum), Christian La Vaye Cannon/Anas (disc jockey), Tyson Eugene Amir - Mustafa (penyanyi), Kumasi Ahmed Simmons (penyanyi), Saleh Hermawan, dan Bato Rukman Amba Sugih.

"Kalau Saykoji, pada penampilannya mendendangkan tembang berjudul Narsis, Sukses, dan "Online". Saat itu, para penonton yang didominasi kalangan remaja secara serentak langsung bergoyang dan mengikuti gaya penyanyi tersebut. Pada kegiatan ini, kami menyebar sekitar 1.600 undangan dan gratis," katanya.
(T.ANT-071/Z002/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010