Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI Iman Arif gagal memantau penampilan calon pemain naturalisasi Sergio Van Dijk ketika tim Thailand melakukan ujicoba melawan Leicester City di Bangkok.

Iman Arif dengan didampingi pelatih Timnas Alfred Riedl turut menyaksikan pertandingan di Supachalasai Stadium yang berkesudahan 0-2 untuk kemenangan tim tamu melalui gol Martyn Waghorn menit 10 dan Paul Gallagher menit 34.

"Saya kira kesempatan Sergio van Dijk untuk mengikuti seleksi di Leicester City itu masih sangat besar. Namun dia masih cedera sehingga tak sempat dicoba," ujar Iman Arif seperti dikutip Bidang Media PSSI Tubagus AP, Minggu.

Dikatakannya, rencana Van Dijk untuk menjalani tes di klub Leicester City itu belum terlaksana karena pemain Belanda berdarah Indonesia itu masih mengalami cedera.

Walau demikian, kesempatan Sergio van Dijk untuk mengikuti seleksi di klub anggota Divisi I (Championship) Liga Inggris tersebut belum tertutup dan jejak-rekamnya juga sudah diterima oleh pelatih kepala Leicester City, Sven Goran Eriksson.

Sergio van Dijk termasuk salah satu pemain keturunan Indonesia yang masih diincar oleh BTN untuk dapat memperkuat timnas Indonesia dengan target jangka pendek ke AFF Championship 2010 pada Desember mendatang.

Sergio yang ayahnya mantan tentara KNIL dan ibunya berasal dari Ambon, saat ini memperkuat Adelaide United FC Australia.

Selain Sergio, beberapa pemain keturunan lainnya sudah masuk dalam daftar perekrutan BTN sebagai salah satu upaya meningkatkan performa timnas Indonesia.

Menurut Iman, pertandingan persahabatan antara timnas Thailand dan Leicester City berlangsung menarik, walaupun secara umum tim tamu terkesan tidak bermain habis-habisan.

Iman Arif dan Riedl sengaja menyaksikan pertandingan tersebut untuk sekaligus memantau kekuatan Thailand yang akan dihadapi pada AFF Championship di Jakarta pada Desember mendatang.

Thailand adalah lawan terberat timnas Indonesia pada penyisihan Grup A di Jakarta yang juga diikuti Malaysia dan tim pemenang dari babak kualifikasi yang digelar di Laos pada 16-24 Oktober.

Babak kualifikasi di Laos diikuti tuan rumah Laos, Kamboja, Timor Leste dan Filipina.

Dalam pertandingan persahabatannya dengan Leicester City yang menempati peringkat ke-22 dari 24 kontestan Divisi Championship Liga Inggris, pelatih kepala timnas Thailand Bryan Robson menurunkan seluruh pemain timnas senior ditambah beberapa pemain terbaik dari Timnas U-23.

Tim senior mereka diproyeksikan ke AFF Championship, sedangkan timnas U-23 akan ditampilkan ke Asian Games Guangzhou China pada November mendatang.(*)

(ANT-132/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010