Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan gelombang laut dengan ketinggian antara tiga meter sampai lima meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia Barat daya Enggano.

Gelombang tinggi diperkirakan terjadi 12 jam ke depan, sehingga membahayakan seluruh jenis kapal nelayan, kata analisis BMKG pada stasiun Klimatologi kl II Pulau Baai Bengkulu Rudi Wahyu, Selasa.

Dia menjelaskan, gelombang di perairan Bengkulu tingginya berkisar antara 1,5 meter hingga tiga meter, sedangkan hembusan angin akan terjadi dari arah Timur sampai Selatan dengan keepatan antara 09-14 knot.

Tinggi gelombang di Samudera Hindia Barat daya Bengkulu diperkirakan antara 1,8 meter hingga 2,5 meter.

Hembusan angin di perairan Bengkulu berpeluang terjadi dari arah Timur sampai Barat daya dengan kecepatan antara 05-12 knot dan tinggi gelombangnya antara 1,5 meter hingga 2,5 meter.

Mengenai cuaca di wilayah Bengkulu, kata dia, diperkirakan hujan dengan intensitas ringan, dengan suhu udara antara 24-31 derajat Celcius dan kelembabannya antara 68-97 persen.

Gelombang tinggi di barat daya Enggano itu menjadi pedoman para nelayan untuk mencari ikan, karena bisa membahayakan nelayan terlebih diiringi angin kencang, kata Asrul seorang pengusaha ikan.

"Kami selalu mengaktifkan radio untuk memantau perkembangan para anak kapal yang sedang menangkap ikan di perairan Bengkulu yang tingginya saat ini antara 1,5 meter hingga 2,5 meter, katanya. (Z005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010