Derby, Inggris (ANTARA News) - Brazil mencetak tiga kemenangan dalam tiga pertandingan mereka di bawah asuhan pelatih baru Mano Menezes di Derby, Inggris, Senin, ketika mereka mengalahkan tuan rumah bersama Euro 2012 Ukraina 2-0 pada pertandingan persahabatan internasional yang disaksikan hanya 13.000 penonton dari kapasitas 33.000 penonton.

Para pemain Brazil - yang baru dibangun kembali setelah mengalami kekecewaan di Piala Dunia karena di perempat final dikalahkan Belanda - mencetak gol pada tiap babak melalui pemain bintang Dani Alves dan striker AC Milan, Alexandre Pato, sebagaimana dikutip dari AFP.

Menezes, dipilih menggantikan Dunga yang dipecat menyusul kekecewaan di Piala Dunia, mengatakan ia gembira karena timnya yang relatif muda dan miskin pengalaman tetapi dapat memenangi pertandingan di level internasional.

"Ini pengalaman saya ketiga sebagai pelatih Brazil dan tim ini berkembang terus," kata Menezes, yang bukan merupakan pilihan pertama menempati posisinya, tetapi ditunjuk karena Fluminense menolak melepas Muricy Ramalho.

"Kami butuh permainan seperti ini malam ini, melawan tim yang permainannya berbeda dan filosofi sepak bolanya berbeda, agar tim kami semakin berkembang. Saya gembira karena tujuan saya saat ini membangun tim untuk 2014 (ketika Brazil menjadi tuan rumah Piala Dunia)."

Alves, bersama Robinho merupakan pemain yang tetap berada di tim itu ketika melawan Belanda, menggebrak pada babak pertama setelah membangun serangan bersama rekannya.

Pemain bintang dari Barcelona itu menerima umpan dari Robinho di sayap kanan dan tendangan voli yang dilancarkannya tidak dapat dijinakkan penjaga gawang Ukrainia Andriy Dykan, karena bola yang membentur badan pemain bertahan sukar dipastikan arahnya.

Menezes memuji secara khusus kapten Robinho karena gaya permainannya yang mengesankan.

"Ia lebih matang sekarang," kata Menezes.

"Ia merupakan satu-satunya pemain paling berpengalaman yang ada dalam tim saya saat ini dan ia belum terlalu tua," katanya.

"Kegembiraan Robinho amat penting bagi kami, karena semangatnya perlu ditiru para pemain muda lainnya," katanya.

Brazil sebenarnya sudah harus menambah angka mereka pada menit ke-35 ketika Ukraina kehilangan daya bendung mereka di lini pertahanan.

Pato mendapat kesempatan menendang tetapi bola yang mengarah keras hanya membentur gawang dan Carlos Eduardo yang sudah berada dekat gawang melakukan hal sama tetapi bola meluncur di atas tiang gawang.

Tetapi Eduardo memperbaiki kesalahannya ketika membangun serangan untuk gol kedua Brazil, ketika pada menit ke-64 ia mengirim bola kepada Pato - yang tidak masuk dalam tim Piala Dunia - di area penalti dan pemain berusia 21 tahun dari AC Milan itu dengan sigap menundukkan Dykan.

Alves nyaris membuat angka 3-0 ketika pertandingan tinggal 15 menit lagi ketika ia melakukan tendangan bebas dari luar kotak penalti, tetapi si kulit bundar melenceng membentur tiang gawang.

Ukraina - tidak diperkuat pemain bintang veteran Andriy Shevchenko karena sedang sakit paha - jarang melakukan ancaman kendati penjaga gawangnya sempat menjemput bola dari dalam gawang hasil tembakan Oleksandr Aliyev, tetapi wasit menganulirnya.

Target pertama Menezes adalah membawa Brazil meraih gelar juara pada turnamen Copa America di Argentina tahun depan.

Pelatih berusia 48 tahun itu mantan pelatih Corinthians itu pada laga pertama dan kedua melawan Amerika Serikat dan Iran, berhasil memenangi pertandingan, dan selanjutnya melawan saingan berat mereka Argentina di Doha pada 17 November.
(A008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010