Jakarta (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta pada Selasa sore, turun karena pelaku pasar terus melepas mata uang Indonesia, meski dolar AS di pasar regional melemah.

Nila tukar rupiah terhadap dolar AS turun 14 poin menjadi Rp8.922-Rp8.932 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp8.913-Rp8.923.

Direktur Currency Management Group, Farial Anwar di Jakarta, Selasa mengatakan, koreksi terhadap rupiah, karena pelaku masih melepas rupiah.

Pelaku pasar melepas rupiah hanya untuk mencari untung setelah mengalami kenaikan yang cukup tajam, katanya.

Selain itu, menurut Farial Anwar, karena Bank Indonesia (BI) mempunyai kepentingan terhadap pendapatannya dari ekspor. "Karena, apabila rupiah terus menguat maka pendapatan dari ekspor akan makin berkurang," ucapnya.

Menurut dia, kalau rupiah naik maka bagi masyarakat akan sangat menguntungkan, dan subsidi pemerintah terhadap bahan bakar minyak (BBM) akan berkurang.

Kelebihan subsidi pemerintah itu akan dapat dimanfaatkan untuk pembangunan sekolah, sarana ibadah dan kebutuhan lain bagi masyarakat luas, katanya.

Karena itu, lanjut dia, kenapa kenaikan rupiah ditahan bukan dibiarkan. Jangan hanya memikirkan eksportir saja, tapi melihat kepentingan masyarakat secara luas.
(CS/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010