Jakarta (ANTARA News) - Microsoft telah meluncurkan 10 ponsel baru yang menjalankan sistem operasi Windows Phone 7.

Sepuluh perangkat berjalan dalam sistem operasi ponsel Microsoft terbaru, Windows Phone 7, yang akan tersedia di toko-toko pada 21 Oktober.

"Aku sudah menunggu hari ini untuk beberapa waktu lalu," kata Steve Ballmer, CEO Microsoft, pada konferensi pers di New York.
 
"Perbedaan dengan Windows Phone 7 tidak hanya apa yang ingin kamu lakukan dengan ponsel, tapi bagaimana kamu akan melakukannya. Kami telah fokus dengan cara orang menggunakan ponsel mereka ketika mereka sedang di perjalanan. Kami bertekad membangun sebuah telepon yang sangat modern."

HTC, pembuat ponsel Taiwan yang paling dikenal dengan handset Android Google, merilis lima handset Windows Phone 7, HTC 7 Surround, hanya beredar di AS. Sisa keempat perangkatnya HTC 7 Mozart, HTC 7 Trophy, HTC 7 Pro dan HTC HD7 akan tersedia di berbagai jaringan, pilihan kontrak dan tarif.

Fitur HTC HD7 yaitu layar sentuh 4.3inchi, hingga penyimpanan 16GB, dan kamera lima megapiksel dengan kemampuan merekam video HD.

LG juga telah merilis dua handset Windows Phone 7, Optimus 7 dan Optimus 7Q. Dell juga meluncurkan Windows Phone yaitu Venue Pro, sementara Samsung meluncurkan Omnia 7, sebuah perangkat layar sentuh berlayar Super AMOLED 4inchi dan kamera lima megapiksel dengan rekaman HD.

"Windows Phone 7 adalah pengalaman mobile yang baru, dimana HTC senang bisa bergabung di dalamnya," kata Peter Chou, kepala eksekutif HTC. "Kami melihat peluang pelanggan yang luar biasa dengan integrasi layanan Microsoft yang paling populer seperti Xbox Live dan Zune."

Microsoft berharap deretan perangkat Windows Phone akan membantu bersaing secara dekat dengan iPhone Apple dan handset yang menjalankan sistem operasi Google Android.

Windows Phone 7 memaparkan keberangkatan yang dramatis dari sistem Microsoft sebelumnya sistem operasi mobile. Itu berdasarkan konsep "hubs", yang mengatur kontak, foto, musik, video dan game Xbox dan "live tiles", digunakan sebagai pengganti ikon untuk membuat pengguna terus memperbarui email baru, pesan dan mengupdate status pada jejaring sosial.

Microsoft akan mulai melakukan kampanye pemasaran dan promosi $ 400 juta (£ 250 juta) untuk Windows Phone 7, dan memiliki harapan tinggi bahwa platform itu akan merebut kembali pangsa pasar dari rivalnya seperti Apple dan Google, serta Research in Motion yang membuat BlackBerry.

Menurut statistik terbaru dari analis ComScore, ponsel pintar yang menjalankan sistem operasi Windows Mobile berjumlah 7,1 persen berasal dari pasar Inggris, sedangkan handset Google Android berjumlah 9,9 persen, dan perangkat BlackBerry 16 persen. Symbian memiliki pangsa pasar terbesar yaitu 37,3 persen, diikuti oleh IOS platform Apple, yang menyumbang 29,6 persen.

"Berhasil atau gagal untuk Microsoft," kata Ben Wood, analis CCS Insight. "Masa depan Microsoft tergantung pada keberhasilan dalam ruang mobile.

"Windows 7 akan mengejutkan banyak orang. Microsoft telah merobek buku dan membangun sebuah platform ponsel baru dari awal, benar-benar gerhana tua yang menawarkan Windows Mobile."

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010