Jakarta (ANTARA News) - Sehubungan dengan adanya rencana PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) melakukan akuisisi, Pefindo menempatkan peringkat BSDE pada creditwatch with developing implications.

Analis Pefindo Vonny Widjaja dalam siaran pers di Jakarta, Jumat, mengatakan, BSDE berencana akan membeli 85,31 persen saham PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI) serta memiliki 60 persen saham PT Sinar Mas Teladan (SMT) dan 55 persen saham PT Sinar Mas Wisesa (SMW) dengan mengambil bagian atas saham baru yang dikeluarkan oleh kedua perusahaan tersebut.

"Dengan pembelian saham tersebut, profil bisnis BSDE akan menjadi lebih kuat. Namun, dampak profil perusahaan masih belum jelas tergantung dari skema pembiayaan pembelian saham tersebut.

Ia menambahkan, Pefindo akan terus memantau realisasi dari rencana pembelian saham tersebut dan dampaknya terhadap kinerja bisnis dan keuangan perusahaan pada masa mendatang.

"BSDE, DUTI, SMT dan SMW adalah perusahaan-perusahaan di bawah divisi properti Sinar Mas," jelasnya.

Ia mengatakan, Pefindo tetap mempertahankan peringkat BSDE dan obligasi BSDE II/2006 pada `idBBB+` yang mencerminkan leverage keuangan BSDE yang konservatif, proteksi arus kas perusahaan yang kuat, dan posisi BSDE yang kuat di daerah Serpong dan sekitarnya.

Namun, lanjut dia, peringkat dibatasi oleh kurangnya recurring income perusahaan yang dapat menyebabkan kurang stabilnya pendapatan perusahaan serta persaingan yang ketat di daerah yang dilayani perusahaan.

BSDE adalah pengembang BSD City, kota mandiri terbesar di Serpong. Pada akhir Juni 2010, BSDE telah memperoleh hampir 80 persen area dari total izin pengembangan area sebesar 5.950 hektar, dan telah mengembangkan area seluas 1.545,4 hektar (ha).
(ANT/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010