Jumlah mahasiswa baru pada PKKMB UNJ 2021 sebanyak 6.433 mahasiswa
Jakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meraih Piagam Penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas rekor senam sendok kursi (Sensi) dengan peserta terbanyak yang dilakukan secara virtual oleh 6.433 mahasiswa baru UNJ.

Penghargaan tersebut diberikan pada penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilakukan secara bauran, yakni secara luring yang diselenggarakan di Cikarang, Jawa Barat, dan daring.

“Pelaksanaan PKKMB UNJ 2021 dilakukan berdasarkan Surat Edaran Dirjen Dikti tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru, untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa baru agar lebih cepat beradaptasi dalam kehidupan kampus. Jumlah mahasiswa baru pada PKKMB UNJ 2021 sebanyak 6.433 mahasiswa,” ujar Ketua Pelaksana PKKMB UNJ 2021 yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, Dr Abdul Sukur, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad.

Baca juga: UNJ terima sebanyak 6.433 mahasiswa baru

Penutupan PKKMB dihadiri oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir Helmi Basalamah MM dan Staf Khusus Kementerian Investasi dan Penanaman Modal, Pradana Indraputra ME, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Dr Carwinda, Dewan Penyantun UNJ, Prof Sylviana Murni.

Penghargaan diberikan langsung oleh Manajer MURI, Awan Rahargo, dan diterima oleh Rektor UNJ Prof Dr Komarudin MSi.

“Salah satu rangkaian kegiatan PKKMB UNJ 2021 menjadi atensi kami dimana UNJ melakukan senam virtual oleh peserta mahasiswa baru terbanyak di Indonesia” ujar Awan.

Baca juga: PJJ optimalkan peran ibu sebagai pendidik yang sesungguhnya

Komarudin mengucapkan terima kasih kepada MURI yang kembali memberikan piagam kepada UNJ ketiga kalinya. Dalam sambutannya, Komarudin juga mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada seluruh mahasiswa baru UNJ, kampus perjuangan, pusat pemikiran dan tanah peradaban.

“Saudara merupakan mahasiswa pilihan dari sekian banyak calon mahasiswa yang berminat masuk UNJ. Untuk itu, harus mempunyai rasa bangga menjadi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta” jelas Komarudin.

Baca juga: Program PPG UNJ raih akreditasi A dari BAN-PT

Komarudin berharap PKKMB dapat menambah pengetahuan, wawasan dan membentuk karakter kemahasiswaan UNJ yang tangguh, cerdas, inovatif dan kompetitif, sebagaimana peran sentral mahasiswa sebagai agen perubahan bangsa.

Terdapat tiga kunci penting untuk menjadi agen perubahan, yakni harus mampu menjadi juara dan teladan dalam bidang akademik, menjadi juara dan teladan dalam organisasi kemahasiswaan, dan menjadi juara dan teladan di keluarga, masyarakat dan bagi bangsa serta negara.

Baca juga: Rektor UNJ : Indonesia kehilangan tokoh pendidikan nasional

 

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021