Cara seperti ini juga akan dilakukan pada zakat fitrah guna menghindari kerumunan yang berisiko penularan COVID-19
Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menyebutkan masyarakat di daerahnya menerapkan pembagian zakat fitrah dengan cara menyalurkan dari rumah ke rumah oleh amil zakat "gampong" setiap menjelang Idul Fitri.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Aceh Azhari di Banda Aceh, Senin, mengatakan cara seperti ini juga akan dilakukan pada zakat fitrah guna menghindari kerumunan yang berisiko penularan COVID-19.

“Cara ini yang biasanya digunakan masyarakat di gampong. Jadi pembagiannya juga tengah-tengah malam,” katanya.

Ia menjelaskan setiap gampong pasti membentuk amil zakat gampong menjelang penyaluran zakat fitrah. Tugas mereka mengumpulkan zakat dari masyarakat dan membagikan kembali secara "door to door".

Mekanismenya, kata dia, setiap masyarakat menyerahkan zakat fitrah kepada amil zakat gampong. Kemudian tim amil zakat yang mengantarkan zakat itu ke setiap rumah penerima setelah diverifikasi sebagai penerima.

“Setelah ditetapkan, berapa orang berhak menerima dan kemudian baru dibagi, supaya tidak terjadi kerumunan,” katanya.

Tentunya, menurut dia, hal ini sejalan dengan kebijakan dari Kemenag yang mengeluarkan imbauan penyaluran zakat melalui lembaga resmi agar tidak menimbulkan kerumunan orang saat pandemi COVID-19.

Selain itu, Kemenag Aceh juga akan mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan 23 kabupaten/kota di Aceh terkait penyaluran zakat fitrah menjelang lebaran, dan poin ini menjadi salah satu penekanan.

Sementara untuk zakat mal, kata dia, selama ini masyarakat di daerah Tanah Rencong itu telah melakukan penyaluran melalui Baitul Mal. Sehingga tidak ada lagi warga yang mengantre dan berkerumunan untuk membayar zakat.

“Kalau zakat mal itu kita di Aceh sudah disalurkan ke lembaga resmi yaitu ke Baitul Mal, lalu Baitul Mal nanti yang menyalurkan ke masyarakat, setelah mendapatkan data penerima dari gampong,” demikian Azhari.

Baca juga: Baitul Mal Aceh optimalkan zakat bantu korban kekerasan dan stunting

Baca juga: Beasiswa baitul mal antarkan mustahik menjadi muzakki

Baca juga: Baitul Mal Aceh targetkan aturan zakat pengurang pajak terlaksana 2022

Baca juga: 5.494 kepala keluarga di Sabang-Aceh disiapkan terima zakat senif

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022