Permintaan yang meningkat ini menjadi semangat untuk IKM memenuhinya. Harapan kami, momentum Ramadhan bisa menjadikan IKM terus berinovasi
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Reni Yanita menyampaikan bahwa Ramadhan memacu Industri Kecil Menengah (IKM) terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Permintaan yang meningkat ini menjadi semangat untuk IKM memenuhinya. Harapan kami, momentum Ramadhan bisa menjadikan IKM terus berinovasi," kata Reni kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Reni menyampaikan, Ramadhan menjadi momentum bagi masyarakat untuk menebar kebaikan sekaligus menjadi pengungkit belanja kebutuhan pokok, pangan, dan sandang.

Terlebih, dengan diperbolehkannya mudik Lebaran tahun ini, maka akan semakin banyak IKM yang memiliki peluang untuk meraih pasar.

"Mulai dari penyediaan makanan dan minuman pembuka puasa, berkembang makanan beku, aneka makanan ringan sampai makanan berat. Demikian juga fesyen," ujar Reni.

Diketahui, Kemenperin konsisten mendorong pelaku IKM berkontribusi dalam upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19.

Terlebih, selama ini pelaku IKM telah menjadi tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Jumlah IKM di tanah air sebanyak 4,4 juta unit pada 2020, dengan penyerapan tenaga kerja IKM lebih dari 10,36 juta orang.

IKM dinilai memiliki peran cukup strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, stabilitas sosial, dan pengembangan sektor swasta yang dinamis.

Baca juga: Kemenperin pacu IKM tembus pasar ekspor lewat Gernas BBI
Baca juga: Kembali gelar OVOP, Kemenperin angkat keunggulan IKM lokal
Baca juga: Pacu peran IKM pulihkan ekonomi, Kemenperin gulirkan Program Dapati

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022