Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora pada Selasa yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari program vaksinasi HPV pencegahan kanker serviks bagi siswa SD kelas 5 dan 6 hingga pengumuman kuota jamaah haji Indonesia

 
 
Ada pula berita tentang penerapan protokol kesehatan untuk mudik sehat 2022, serta Idul Fitri kemungkinan jatuh pada 2 Mei 2022.

 
 
Berikut sejumlah berita humaniora pada Selasa:

 
 
 
 
Kementerian Kesehatan menyebutkan program vaksinasi human papillomavirus (HPV) untuk mencegah penyakit kanker serviks di Indonesia menyasar pelajar perempuan kelas 5 dan 6 sekolah dasar.

 
 
"HPV diberikan pada siswi kelas 5 dan 6 SD dan diberikan sebanyak dua kali," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, Prima Yosephine Seminar Media Pekan Imunisasi Dunia 2022 secara virtual yang diikuti dari Aplikasi Zoom di Jakarta.

 
 
 
 
Kementerian Kesehatan menyatakan indikator penanganan COVID-19 secara nasional masih menunjukkan sistem ketahanan kesehatan di Indonesia berjalan dengan baik.

 
 
Pada hari Senin (18/4) kasus konfirmasi bertambah 559 orang, tapi jumlah itu lebih rendah dari sehari sebelumnya mencapai 603 kasus. Bahkan tren kasus konfirmasi menurun konsisten dibandingkan puncak gelombang kedua yang menembus lebih dari 400 ribu kasus pada Februari 2022.

 
 
 
 
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan peluncuran Permenko PMK No.1 Tahun 2022 merupakan respons pemerintah atas permasalahan remaja dan anak sekolah yang semakin kompleks.

 
 
"Berbagai kompleksitas masalah anak usia sekolah dan remaja tersebut memerlukan penanganan yang komprehensif dari pemerintah dan seluruh kekuatan lembaga swadaya masyarakat dan kekuatan masyarakat madani," kata Muhadjir Effendy saat Peluncuran Permenko itu yang diikuti via YouTube di Jakarta, Selasa.

 
 
 
 
Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin memprediksi 1 Syawal 1443 Hijriah atau Idul Fitri 2022 kemungkinan jatuh pada 2 Mei 2022.

 
 
"Posisi kriteria berada di area perbatasan. Wilayah Sabang sedikit memenuhi kriteria. Dengan hisab yang dilakukan di Sumatra juga memenuhi kalau menggunakan elongasi geosentrik. Hasil rukyat, pada sidang isbat akan diterima, ini akan seragam pada 2 Mei 1 Syawalnya," ujar Thomas dalam diskusi daring yang diikuti dari Jakarta, Selasa.

 
 
 
 
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan kuota jamaah haji untuk Indonesia pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi sebanyak 100.051 orang.

 
 
"Alhamdulillah atas ikhtiar dan doa kita semua, pada tahun ini kita akan memberangkatkan kembali jamaah haji dengan kuota 100.051 jamaah dan 1.901 petugas," ujar Yaqut dalam Peringatan Nuzulul Quran Tingkat Kenegaraan 1443 Hijriah yang diikuti dari Jakarta, Selasa.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022