Kami perintahkan seluruh puskesmas siaga 24 jam
Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akan menyiagakan tim medis selama 24 jam untuk memberikan layanan kesehatan masyarakat menyambut arus mudik Lebaran 2022.

"Kami perintahkan seluruh puskesmas siaga 24 jam guna mencegah terjadinya kegawatdaruratan pada saat masyarakat melakukan arus mudik Lebaran 2022," kata Bupati Batang Wihaji usai mengikuti kegiatan gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di Batang, Jumat.

Menurut dia, arus mudik Lebaran 2022 diperkirakan terjadi eforia dan lonjakan pemudik setelah pemerintah selama dua tahun terakhir ini tidak mengizinkan masyarakat melakukan perjalanan pulang kampung.

"Sangat dimungkinkan arus mudik Lebaran 2022 akan melonjak. Oleh karena itu, kami mengajak pemudik berhati-hati saat melakukan perjalanan pulang kampung, jika kondisi sudah lelah lebih baik beristirahat dulu sambil mengecek kondisi tubuh apabila ada kelainan," katanya.

Bupati Wihaji mengatakan Kabupaten Batang yang dikenal sebagai daerah titik lelah diharapkan masyarakat memperhatikan kondisi kesehatannya dan tidak memaksakan diri melakukan perjalanan agar cepat sampai kampung halamannya.

Baca juga: Pemkab Batang terbitkan surat edaran larangan ASN mudik Lebaran

Baca juga: Gerbang Tol Kalikangkung Semarang siap hadapi lonjakan pemudik


Selain itu, kata dia, pihak dinas pariwisata agar meningkatkan pengamanan di lokasi objek wisata karena saat libur Lebaran diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang sangat signifikan.

"Saya minta dinas pariwisata berkoordinasi dengan TNI dan Polri, serta tim kesehatan untuk siaga di lokasi itu. Hal itu diperlukan guna menjaga keamanan dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan bersama," katanya.

Ia mengatakan dalam kesiapan pengamanan arus mudik Lebaran 2022, pemkab bersama TNI dan Polri telah menyiapkan sejumlah posko di jalur pantura maupun di jalur Tol Batang-Pemalang.

"Demikian pula, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan di ruas jalan pantura, kami bersama Polres Batang telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif," katanya.

Baca juga: Polres Batang antisipasi sejumlah titik rawan macet jalur pantura

Baca juga: Polres Batang imbau pemudik tidak berhenti di bahu tol 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022