Ada beberapa langkah yang disiapkan bandara menjelang Lebaran, salah satunya kami menyiapkan posko yang dibuka pada 29 April hingga 10 Mei 2022.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Bandara Abdul Rachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur, melakukan sejumlah langkah untuk mengoptimalisasi layanan kepada para penumpang menjelang mudik Lebaran 2022.

Kasi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat UPT Bandara Abdul Rachman Saleh, Purwo Cahyo Widhiatmoko di Kabupaten Malang, Senin  mengatakan bahwa pihaknya akan membuka Pos Mudik Lebaran pada 29 April hingga 10 Mei 2022 untuk optimalisasi layanan tersebut.

"Ada beberapa langkah yang disiapkan bandara menjelang Lebaran, salah satunya kami menyiapkan posko yang dibuka pada 29 April hingga 10 Mei 2022," kata Purwo.

Baca juga: Pergerakan penumpang di Bandara Ahmad Yani Semarang mulai meningkat

Purwo menjelaskan, keberadaan Pos Mudik Lebaran pada Bandara Abdul Rachman Saleh Malang itu bertujuan untuk mengoptimalisasi layanan kepada para penumpang, seiring dengan peningkatan jumlah masyarakat yang pulang kampung ke wilayah Malang dan sekitarnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan pelayanan pada masa mudik Lebaran kali ini pihak pengelola bandara telah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan diantaranya dengan pihak maskapai penerbangan dan Airnav Indonesia.

"Semua pemangku kepentingan siap untuk melaksanakan angkutan Lebaran kali ini," ujarnya.

Ia menambahkan, Pos Mudik Lebaran yang ada di Bandara Abdul Rachman Saleh Malang tersebut akan bertugas untuk melakukan pemantauan jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari bandara tersebut.

Kemudian, petugas juga disiagakan untuk mengambil langkah cepat jika terjadi kendala dalam pelayanan misalnya ada antrean yang panjang. Petugas yang berjaga akan mempergunakan skema yang disiapkan untuk mempercepat antrean tersebut.

"Misalnya ada antrean yang terlalu panjang, kami akan buka dua titik lagi dan lainnya. Itu fleksibel di lapangan," ujarnya.

Baca juga: Bandara Bali siagakan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran

Selain itu, para petugas pada Pos Mudik Lebaran juga siap untuk melakukan koordinasi kepada sejumlah pihak terkait jika ada keluhan dari para penumpang seperti jika penumpang tersebut kehilangan bagasi atau tertinggal.

"Kami akan membantu dengan melakukan koordinasi, karena masing-masing sudah mengetahui tupoksinya," katanya.

Pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah 2-3 Mei 2022, sementara cuti bersama jatuh pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022. Pemerintah memperkirakan sekitar 85 juta orang akan melakukan mudik pada Lebaran 2022.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan, berdasarkan data Kementerian Perhubungan, akan ada sebanyak 16,8 juta orang yang akan mudik ke Jawa Timur termasuk ke wilayah Malang Raya. Dari total tersebut, 47 persen diperkirakan menggunakan kendaraan pribadi.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022