Solo (ANTARA) - Sebanyak 31.516 penumpang tercatat telah melakukan perjalanan lewat Terminal Penumpang Tipe A Tirtonadi Surakarta sejak H-7 Lebaran 2022, tepatnya dari 25-28 April 2022.

"Sejak H-7 Lebaran sudah ada peningkatan 20-30 persen," kata Koordinator Terminal Penumpang Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto di Solo, Jumat.

Ia memprediksi untuk puncak kedatangan pemudik akan terjadi pada hari ini, Jumat (29/4). Meski demikian, untuk jumlah penumpang baru akan diketahui pada malam nanti.

"Ini masyarakat masih perjalanan menuju Solo, ada mudik gratis juga dengan harapan para pemudik tidak melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor," katanya.

Selanjutnya, selama periode H-7 hingga H-4 Lebaran jumlah armada bus yang masuk maupun keluar dari Terminal Tirtonadi sebanyak 8.131 armada.

Baca juga: Sopir bus mudik Lebaran di Terminal Tirtonadi Solo ikuti tes urine

Sementara itu, selain menerima pemudik reguler, pihaknya juga menerima pemudik yang mengikuti program mudik gratis dari pemerintah maupun perusahaan swasta.

"Ada mudik gratis dari BUMN, perusahaan juga memfasilitasi mudik gratis, di antaranya dari Honda dan Sido Muncul. Kami juga melakukan skenario agar tidak ada crowded di terminal, seperti tadi malam ada skenario penjemputan (kendaraan pemudik gratis), kami taruh di belakang," katanya.

Terkait dengan pelayanan vaksinasi, dikatakannya, juga dibuka oleh pengelola Terminal Tirtonadi untuk memudahkan para pemudik.

"Kalau yang ikut program pemerintah kan sudah ada manifest, untuk penumpang reguler yang belum booster kami sarankan booster. Jangan sampai pemudik yang ingin ketemu keluarga bingung cari lokasi vaksin, makanya kami buka layanan booster," katanya.

Baca juga: Arus mudik tol jalur Semarang-Solo di Boyolali padat lancar

Baca juga: Irwasum Polri memantau jalur mudik Lebaran 2022 di Tol Ngawi

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022