Gadog, Ciawi (ANTARA) - Pemudik yang pulang kampung halaman ke Sukabumi bisa menggunakan jalur tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) untuk memangkas waktu perjalanan.

Manajer Operasi Tol Ciawi Sukabumi, Kiman, meminta pemudik menyiapkan dan memperhatikan beberapa hal sebelum pergi supaya perjalanan mudik aman dan sehat.

Baca juga: H-3 Lebaran, Ciawi-Sukabumi 25 menit

"Pastikan kendaraan yang dipakai layak untuk melintas," kata Kiman, ditemui di Gerbang Tol Cigombong, Sukabumi Jawa Barat, dikutip Sabtu.

Selain kondisi kendaraan, pastikan juga saldo kartu elektronik mencukupi untuk membayar tarif tol. Kiman mengingatkan tarif tol Bocimi lebih tinggi dibandingkan dengan tarif tol Jagorawi.

Pantauan ANTARA, dari gerbang tol Ciawi sampai Cigombong, pengguna jalan perlu mengeluarkan uang sebesar Rp14.000 untuk kendaraan golongan I.

Gerbang tol Cigombong sudah menggunakan pembayaran nontunai sepenuhnya.

Satu hal yang paling penting, pengelola mengingatkan pengguna jalan untuk berhenti di tengah jalan hanya untuk berfoto semata.

Baca juga: Mudik dari Jakarta ke Sukabumi lewat tol hanya tiga jam

Jika dibandingkan dengan Jakarta, rute jalan tol Ciawi sampai Cigombong menawarkan pemandangan yang berbeda. Menjelang gerbang tol Cigombong, pengguna jalan disambut pemandangan pegunungan di kanan dan kiri jalan.

"Kami tidak mengharapkan ada kendaraan yang berhenti untuk 'selfie' di tol karena berbahaya," kata Kiman.

Jika sedang lengang, Ciawi sampai Cigombong dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit.

Lalu lintas di ruas tol tersebut diperkirakan mencapai puncak kepadatan setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 H, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

"Ini jalur wisata, pemudik mungkin sedikit. (Lalu lintas) bergerak (naik) dari hari raya pertama dan kedua. Mulai lebih tinggi lagi H+1 dan H+2," kata Kiman

Dari segi kesiapan operasional menyambut puncak arus mudik dan arus balik, pengelola tol bekerja sama dengan Korlantas untuk mengerahkan dua unit Patroli Jalan Raya (PJR).

Pengelola juga dua mobil derek, satu mobil tangki air, satu ambulans dan satu mobil penyelamat untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.


Baca juga: Kapolres Bogor pastikan Tol Bocimi siap dilintasi pemudik

Baca juga: Puncak arus mudik jalur Sukabumi diprediksi H-3

Baca juga: Kapolres Bogor: Tol Bocimi kurang rambu lalu lintas

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022