Bandung (ANTARA) -
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana meminta kepada masyarakat agar tidak menggelar kegiatan konvoi atau takbiran keliling saat malam takbiran menjelang Lebaran 2022.

Menurutnya konvoi atau takbiran keliling dapat menyebabkan gangguan ketertiban. Sehingga ia minta masyarakat melakukan takbiran di lokasi masing-masing.

"Silakan kami imbau agar masyarakat melaksanakan takbiran secara khidmat dan khusyuk dengan memenuhi masjid, musala dan surau," kata Suntana di Pos Pengamanan Lebaran Dago, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Selain mengganggu ketertiban, menurutnya suasana Idul Fitri 1443 Hijriah ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Guna mencegah penyebaran COVID-19, maka menurutnya kegiatan yang bersifat kerumunan diimbau tak dilakukan.

Dia pun mengaku telah berkonsultasi dengan para ulama dan sejumlah organisasi masyarakat islam untuk mengajak umat Muslim melaksanakan takbiran di tempat masing-masing.

Guna mencegah adanya hal tersebut, ia mengaku akan melakukan patroli ke sejumlah titik pada malam takbiran guna memastikan ketertiban masyarakat.
 
"Kami dengan Forkopimda Jabar akan melaksanakan patroli skala besar untuk memastikan jalannya takbiran masyarakat berjalan dengan lancar," katanya.
 
Adapun mobilitas masyarakat menjelang Lebaran 2022 di Kota Bandung cukup ramai. Sejumlah masyarakat banyak yang memadati pusat perbelanjaan untuk membeli pakaian atau mencari kebutuhan dalam perayaan Idul Fitri.

Baca juga: Kapolda Jabar cek kesiapan pengamanan mudik di Karawang
Baca juga: Kapolda Jabar tinjau jalur arteri pantura jelang mudik Lebaran 2022
Baca juga: Capaian vaksinasi tinggi, Kapolda Jabar apresiasi warga Kota Sukabumi

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022