Kami pastikan tidak sampai terjadi stagnasi, hanya saja terjadi pelambatan laju kendaraan
Garut (ANTARA) - Jalur selatan Jawa Barat (Jabar) lintas Limbangan-Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat ramai lancar pada H-1 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Minggu malam.

Laju kendaraan di jalur nasional yang menghubungkan Kabupaten Bandung dengan Tasikmalaya itu cukup normal, tidak ada hambatan arus seperti di persimpangan Malangbong.

Kepala Polsek Malangbong AKP Zainuri mengatakan wilayah Malangbong merupakan jalur yang selalu ramai dilintasi kendaraan, termasuk saat musim mudik lebaran banyak kendaraan melaju dari arah barat atau Bandung menuju timur atau Tasikmalaya.

Baca juga: Round Up: H-1, arus mudik mulai mereda

Kondisi ramai lalu lintas kendaraan di jalur nasional, kata dia, sudah terjadi sejak H-3 Lebaran, meski ramai tidak membuat kendaraan berhenti lama di jalur Malangbong.

"Kami pastikan tidak sampai terjadi stagnasi, hanya saja terjadi pelambatan laju kendaraan," katanya.

Ia menyampaikan jajaran Polsek Malangbong maupun dari Polres Garut bertindak cepat ketika terjadi kepadatan arus lalu lintas kendaraan dengan melakukan sistem satu arah untuk mengurai kepadatan di jalur itu.

Baca juga: Pergerakan arus mudik Lebaran melalui jalur laut di Penajam lancar

"Kami secara intensif melakukan rekayasa lalu lintas dan cara bertindak guna mengurai kepadatan lalu lintas dan juga melakukan penyekatan di beberapa titik jalur 'trouble spot'," katanya.

Sementara itu, di jalur utama lain Bandung-Garut lintas Kadungora-Leles-Tarogong berdasarkan pantauan CCTV Polres Garut terpantau ramai lancar, tidak ada pengalihan arus lalu lintas kendaraan di wilayah Kadungora.

Baca juga: Arus kendaraan di Gerbang Tol Amplas Medan mulai landai pada H-1

Kepadatan arus kendaraan terjadi di pusat kota Garut, sehingga petugas memberlakukan rekayasa jalur untuk mencegah penumpukan kendaraan di pusat kota.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022