Jakarta (ANTARA) - Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah akhirnya dapat merayakan Idul Fitri bersama ibu dan ayahnya setelah beberapa tahun belakangan tidak dapat memperingati Hari Raya bersama keluarga karena harus menjalani pertandingan.

"Alhamdulillah Lebaran tahun ini ada di Jakarta, ada ibu ada bapak, soalnya yang lalu-lalu di luar negeri," kata Rahmat kepada Antara ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

"Beberapa tahun ini ada di luar negeri, ada juga enggak bisa pulang, waktu itu ibu enggak bisa ke sini juga karena Covid, aku enggak bisa ke Makassar juga."

Rahmat, yang merupakan anak tunggal, mengungkapkan tidak menuntut banyak untuk dibuatkan makanan meski Lebaran tahun ini ditemani sang ibu. Dia juga mengatakan tidak memiliki tradisi khusus bersama keluarga.

"Bareng keluarga saja. Ibu aku ke sini dia santai saja, enggak mau ngerepotin," ucap peraih perunggu Olimpiade Tokyo itu.

Baca juga: Hasil Sidang Isbat tentukan Hari Raya Idul Fitri pada Senin besok

Meski begitu, Rahmat mengaku merindukan semprong dan kue kering putri salju, yang menjadi kudapan favorit saat Lebaran.

Namun, pada Lebaran saat ini dia tidak dapat memakan penganan favoritnya itu karena harus mempersiapkan diri untuk bertanding di SEA Games Vietnam yang akan berlangsung pada 12-23 Mei.

"Lagi diet nih, (kelebihan) empat kilogram," kata Rahmat.

Demi mengurangi bobot tubuhnya, Rahmat berusaha menjaga makanan dengan mengkonsumsi banyak protein, seperti daging dan telur, juga sayur mayur.

"Enggak usah makan sembarang saja sih kuncinya, makan juga dikurangi... Nasi bukannya dihindari banget, tapi mending diganti sama protein," ujar lifter 21 tahun itu.

"Untuk Lebaran kali ini no jajan-jajan. Santai saja, beberapa tahun kemarin juga turunin berat badan soalnya pertandingan di luar negeri. Jadi sama saja santai, pulang masih bisa makan."

Rahmat akan menghabiskan waktu bersama ibunya, yang akan kembali ke Makassar. Sementara, sang ayah, yang merupakan pelatihnya, akan menemani untuk bertanding di pesta olahraga tingkat Asia Tenggara.

Baca juga: Bek Persib Ardi Idrus lebih fokus puasa tahun ini
Baca juga: Rahmat Erwin sabet dua emas pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022