Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR Puan Maharani bersama keluarga dan beberapa staf melaksanakan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Rumah Dinas Ketua DPR RI di Jakarta, Senin pagi.

"Pelaksanaan Salat Idul Fitri secara berjamaah alhamdulillah berlangsung sangat khidmat, meskipun diselenggarakan secara sederhana. Diawali dengan takbiran, kami merasakan betul nuansa berlebaran, nuansa kemenangan setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa," kata Puan Maharani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Puan juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah untuk seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan.

"Saya, atas nama pribadi, segenap keluarga, dan atas nama Ketua DPR, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam. Mohon maaf lahir dan batin," katanya.

Dia menyampaikan ucapan selamat menyambut hari kemenangan sebagai umat beragama yang berhasil mengalahkan hawa nafsu. Menurut dia, hari kemenangan tersebut dapat dimaknai sebagai kemenangan umat beragama dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Ini juga kemenangan kita sebagai bangsa yang berhasil menghadapi pandemi COVID-19," kata putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tersebut.

Baca juga: Megawati: Ramadhan telah menempa pribadi lebih kuat capai kemenangan

Sikap saling memaafkan di momentum Lebaran merupakan spirit untuk memupuk persatuan dan kesatuan, dengan kesadaran bahwa masyarakat bangsa Indonesia dipenuhi oleh keberagaman, tambahnya.

Dia juga mengimbau seluruh masyarakat untuk menjadikan momentum Lebaran sebagai langkah untuk lebih optimistis dalam menghadirkan masa depan lebih baik.

"Kita jadikan momentum hari kemenangan ini untuk langkah yang lebih optimis demi masa depan bangsa yang lebih baik," tukasnya.

Selain itu, di momentum Lebaran 2022, Puan juga meminta kepada masyarakat untuk senantiasa memupuk tali persaudaraan. Silaturahmi tetap harus dijaga sekali pun pandemi COVID-19 menimbulkan sejumlah batasan.

"Jangan sampai pandemi COVID-19 membuat adanya jarak persaudaraan di antara kita. Manfaatkan momen Idul Fitri untuk saling bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, kolega, teman, dan orang-orang terdekat," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana Shalat Id di halaman Gedung Agung
Baca juga: AHY harap momen Idul Fitri perkuat kebersamaan

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022