Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora terkait suasana Lebaran yang memperoleh perhatian pembaca, pada Selasa (3/4), serta masih menarik untuk disimak hari ini, mulai dari perbedaan Idul Fitri di Aceh, Prokes Idul Fitri di Medan, hingga kemacetan jalur Bandung-Cianjur.

Berikut ini sejumlah rangkuman berita humaniora:

1. Ulama: Perbedaan Idul Fitri di Aceh momentum jaga persatuan bangsa

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat Teungku Mahdi Kari mengatakan perbedaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, merupakan momentum bagi masyarakat Aceh untuk menjaga dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Wali Kota Medan ingatkan warga terapkan prokes rayakan Idul Fitri

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengingatkan warga tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat saat merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah di tengah pandemi COVID-19.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Tradisi silaturahmi Idul Fitri di Jepara berlangsung semarak

Tradisi saling kunjung dari rumah ke rumah warga di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah berlangsung semarak pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. Sekura tradisi turun-temurun di Lampung Barat pada bulan Syawal

Tradisi Sekura atau pesta topeng di Lampung Barat, Provinsi Lampung, yang dilaksanakan satu tahun sekali pada bulan Syawal, tepatnya saat Idul Fitri tiba, merupakan kegiatan pesta rakyat turun-temurun yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Jalur Bandung-Cianjur macet total, pengendara terjebak enam jam

Pengendara terjebak selama enam jam dengan laju kendaraan terhenti di jalur Cianjur-Bandung, Jawa Barat, akibat macet total sejak pagi hingga Selasa petang, sehingga sejumlah rekayasa termasuk sistem satu arah akan diberlakukan oleh petugas.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022