Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Arus lalu lintas pada H+3 ldul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 di jalur wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dari arah Palabuhanratu hingga Cisolok terpantau ramai lancar dan didominasi kendaraan yang keluar dari objek wisata.

Dari pantauan arus lalu lintas di jalur wisata Palabuhanratu-Cisolok pada pukul 11.00 WIB hingga 12.30 WIB, Kamis,  kendaraan yang melintas cukup ramai, namun arus lalu lintas masih lancar.

Berbeda dengan hari sebelumnya tepatnya Rabu (4/5), arus lalu lintas di lokasi dan jam yang sama tersendat, bahkan di beberapa titik terjadi kemacetan yang didominasi kendaraan wisatawan yang keluar objek wisata Pantai Palabuhanratu dan sekitarnya.

Namun dari pantauan CCTV Polres Sukabumi, Kamis, kendaraan yang mengarah Palabuhanratu mulai berdatangan baik dari arah Simpang Cibadak, Kecamatan Cibadak maupun pintu masuk objek wisata, tepatnya di Batusapi Palabuhanratu.

Kapolsek Cisolok AKP Aguk Khusaeni mengatakan pada H+3 Lebaran, wisatawan yang datang ke beberapa objek wisata pantai yang ada di Kecamatan Cisolok seperti Pantai Karanghawu masih cukup banyak, tetapi diimbangi oleh yang keluar (pulang).

Baca juga: 4 juta wisatawan diprediksi berwisata di kabupaten Sukabumi

Untuk arus lalu lintas yang berada di sekitar lokasi wisata hingga saat ini masih relatif lancar, tetapi pihaknya tetap bersiaga antisipasi terjadi lonjakan volume kendaraan.

Sementara Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah menambahkan antisipasi kemacetan arus kedatangan dan balik Satlantas Polres Sukabumi melakukan buka tutup di Simpang Gunungbutak, Desa Citepus,Kecamatan Palabuhanratu, bagi wisatawan yang mengarah ke tempat wisata.

"Rekayasa arus lalu lintas ini untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan, dengan melakukan buka tutup dan memberlakukan one way agar volume kendaraan bisa terurai. Di H+3 Lebaran hingga pukul 12.00 WIB arus lalu lintas di sekitar objek wisata relatif lancar, namun tidak menutup kemungkinan adanya lonjakan jumlah kendaraan wisatawan yang datang, maka dari itu kami terus bersiaga," tambahnya.

Untuk mengetahui kondisi arus lalu lintas di jalur mudik, balik dan wisata Sukabumi, pemudik maupun wisatawan bisa memanfaatkan channel Youtube d'tiksebelas dan Denzel DBN Ratu milik Polres Sukabumi yang menyiarkan secara langsung kondisi arus lalu lintas terkini.

Baca juga: Polres Sukabumi pantau arus mudik melalui layar CCTV

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022