Jakarta (ANTARA) - Jasa Marga memperpanjang jalur "one way" dari KM 442 Simpang Susun (SS) Bawen Tol Semarang-Solo hingga KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Atas diskresi kepolisian, maka Jasa Marga kembali memperpanjang jalur 'one way'. Sejak pukul 22.20 WIB, 'one way' berlaku mulai dari KM 442 Simpang Susun (SS) Bawen Jalan Tol Semarang-Solo sampai  KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, "one way" dari KM 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang juga telah diperpanjang sampai dengan KM 428 Jalan Tol Semarang ABC sejak pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Jasa Marga perbanyak gardu GT Cileunyi pada arus balik lebaran

Pemberlakuan kebijakan buka tutup secara kondisional di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada beberapa titik, yaitu akses masuk arah Cikampek pada GT Bekasi Timur, GT Bekasi Barat, GT Cibatu, dan GT Cikarang Timur ditutup sejak pukul 10.55 WIB. Sedangkan akses masuk dan keluar GT Karawang Barat dilakukan penutupan sementara secara situasional sejak pukul 15.12 WIB.

Kebijakan buka tutup sementara pada Jalan Tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) dilakukan secara situasional. Akses masuk portal Jalan Tol Layang MBZ dari arah Kalimalang, Jatiasih dan Jatibening arah Cikampek secara kondisional telah dilakukan penutupan sejak pukul 07.30 WIB.

Baca juga: Jasa Marga dukung rekayasa lalin di Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: H+2 Lebaran, 563 Ribu kendaraan kembali ke Jabotabek


Untuk memaksimalkan kapasitas transaksi di GT Cikampek Utama menuju arah Jakarta saat pemberlakuan "one way", saat ini Jasa Marga mengoperasikan 28 dari total 32 lajur transaksi yang tersedia.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu, dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik, dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV "real time" di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022