Jumlah penumpang masih didominasi yang keluar dari Banjarmasin, sedangkan arus balik dari Surabaya justru sedikit sekali
Banjarmasin (ANTARA) - Arus balik penumpang kapal laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hingga Minggu belum menunjukkan  peningkatan berarti meski sudah memasuki H+5 Lebaran 2022.

"Jumlah penumpang masih didominasi yang keluar dari Banjarmasin, sedangkan arus balik dari Surabaya justru sedikit sekali," kata Kepala Posko Terpadu Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Capt. Maltus Jackline di Banjarmasin, Minggu.

Periode arus balik dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dimulai Jumat (6/5) dengan tibanya dua kapal dari operator PT Dharma Lautan Utama (DLU) yaitu KM Dharma Rucitra I dan KM Dharma Kartika IX.

Baca juga: 11.395 pemudik angkutan laut tinggalkan Kalsel menuju Surabaya

Untuk KM Dharma Rucitra I membawa 742 penumpang beserta 134 unit kendaraan dengan 38 sopir dan kernet. Sementara KM Dharma Kartika IX tanpa muatan.

Kemudian saat kembali berangkat ke Surabaya dari Banjarmasin, KM Dharma Rucitra I mengangkut 1 656 penumpang dan 123 unit kendaraan beserta 72 sopir dan kernet.

Sedangkan KM Dharma Kartika IX yang berangkat pada Sabtu (7/5) dari Banjarmasin ke Surabaya membawa 502 penumpang dan 87 unit kendaraan dengan 62 sopir dan kernet.

Baca juga: Puncak arus mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada H-5 Lebaran

Menyikapi prediksi puncak arus balik yang akan berlangsung sampai pertengahan bulan Mei ini, Posko Terpadu Angkutan Lebaran Pelabuhan Trisakti Banjarmasin akan beroperasi hingga 18 Mei 2022.

Diketahui pemudik angkutan laut yang berangkat dari Banjarmasin tujuan Surabaya saat arus mudik Lebaran 2022 sebanyak 12.687 orang. Sementara pemudik tiba di Banjarmasin dari Surabaya 4.986 orang.

Maltus mewakili Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin Hartanto selaku regulator mengucapkan terima kasih kepada seluruh penumpang yang tertib selama arus mudik.

Baca juga: KPLP kerahkan kapal patroli Jembio amankan arus mudik perairan Kalsel

Kemudian apresiasi juga disampaikan kepada operator yang telah menyediakan armada kapalnya sehingga arus mudik bisa dilakukan dengan baik.

"Selanjutnya kita menghadapi arus balik, semua petugas gabungan TNI-Polri, Pelindo, KPLP dan KSOP tetap siaga melaksanakan tugas mulia ini termasuk kawan-kawan media massa turut mendukung penuh mengawal pemberitaan guna memberikan informasi perkembangan arus mudik dan arus balik yang ditunggu masyarakat," kata Maltus.

Baca juga: 6.647 pemudik terangkut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Pewarta: Firman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022