Jakarta (ANTARA) - Arus balik para pemudik masih mengalir pada H+6 Idul Fitri 1443 Hijriah, namun di berbagai titik tercatat jumlah penumpang sudah mulai menurun.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat kedatangan tertinggi di tujuh terminal di Jakarta yakni Pulogebang, Kampung Rambutan, Kalideres, Tanjung Priok, Lebak Bulus, Grogol. dan Muara Angke terjadi pada Minggu (8/5) dengan jumlah penumpang 22.448 orang.

Baca juga: Round Up: Lalu lintas ramai jelang libur Lebaran berakhir

Di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, jumlah penumpang tertinggi arus balik di terminal tersebut pada H+5 Lebaran 2022, atau pada Minggu (8/5), dengan 9.037 orang menggunakan 487 bus. Pada Senin sore, terpantau aktivitas di terminal Kampung Rambutan ramai lancar dan tidak ada kepadatan penumpang arus balik.

Hal serupa terjadi di terminal Pulo Gebang yang masih ramai tapi tak sepadat hari-hari sebelumnya. Tercatat ada 2.171 penumpang arus balik tiba di terminal Pulo Gebang dengan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) berjumlah 249 armada pada Senin dini hari hingga pukul 14.00 WIB.

Di terminal Kalideres, Jakarta Barat, jumlah penumpang arus balik pada H+6 Idul Fitri 1443 H juga mulai menurun. Puncak arus balik di Terminal Kalideres berlangsung pada Minggu (8/5) yang mana jumlah bus yang tiba sebanyak 363 yang mengangkut sebanyak 4.197 penumpang.

Sementara itu, arus kendaraan pada H+6 Lebaran 2022 yang melalui Tol Batang-Semarang dan jalur arteri wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin sejak pukul 10.15 WIB hingga sekitar pukul 15.00 WIB terpantau padat lancar.

Arus lalu lintas dari Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah, menuju Tol Cikampek, Jawa Barat, ramai lancar setelah rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) ditutup pada Senin dini hari pukul 02.00 WIB. Korlantas Polri tidak lagi menerapkan rekayasa lalu lintas di jalan tol untuk mencegah kemacetan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Situasi arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Trans-Jawa, terkait volume kendaraan, saat ini dalam keadaan normal serta tidak mengalami kemacetan dan kepadatan.


Baca juga: Round up - Lonjakan arus balik mulai terlihat H+4 Lebaran

Baca juga: Beragam upaya antisipasi puncak arus balik Lebaran 2022

Baca juga: Round up - "Contraflow" mulai diberlakukan ke arah Jakarta

Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022