Dari angka itu, objek wisata Bukittinggi menikmati Rp3,1 miliar dalam satu minggu ini, jumlah sampah terangkut 840 ton sampai 1.050 ton, selain itu 2.200 kamar hotel dan homestay nyaris penuh oleh pengunjung
Bukittinggi (ANTARA) -  Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Erman Safar, mengatakan lebih dari 400 ribu wisatawan dari berbagai daerah datang ke kota itu selama libur Lebaran 2022 dengan perkiraan uang yang beredar mencapai Rp80 miliar.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Bukittinggi, Senin, menyebutkan dari 400.000 lebih wisatawan tersebut yang mengunjungi objek wisata berbayar selama satu pekan Lebaran sebanyak 141.000 orang.

"Sektor ekonomi, memang harus diurus secara maksimal, data yang kami dapat, pengunjung yang masuk Kota Bukittinggi mencapai 400.000 jiwa, dengan hampir 100.000 kendaraan yang masuk dan melintasi kota ini," katanya.

Menurutnya, selama seminggu peredaran uang di Bukittinggi berada di angka Rp40 miliar hingga Rp80 miliar.

Baca juga: Belasan ribu pengunjung padati Kebun Binatang Bukittinggi saat Lebaran

"Dari angka itu, objek wisata Bukittinggi menikmati Rp3,1 miliar dalam satu minggu ini, jumlah sampah terangkut 840 ton sampai 1.050 ton, selain itu 2.200 kamar hotel dan homestay nyaris penuh oleh pengunjung," katanya.

Ia mengatakan apresiasi atas kunjungan wisatawan yang datang berlibur Lebaran ke Kota Bukittinggi dan akan melakukan evaluasi atas kekurangan yang ada.

"Terima kasih atas kunjungan para perantau dan tamu Bukittinggi, semoga rezeki tuan tuan puan berlipat ganda dan sukses selalu, kami mohon maaf atas segala kekurangan, semua kritik saran dan masukan akan kami tindak lanjuti, mudah-mudahan liburan di musim mendatang sudah ada perubahan," ujar Erman.

Baca juga: Pemerhati: Bukittinggi harus siap hadapi "ledakan" wisatawan

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022