Kita tahu, besok hari Senin kita ada hari libur Waisak, data prediktif yang sudah dihimpun oleh rekan-rekan AOCC angkanya ini sekitar 132 ribuan pergerakan penumpang. Jadi ini masih tidak terlalu jauh dari angka puncak (arus mudik dan arus balik) di
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memprediksi jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten selama libur Hari Raya Waisak akan mendekati masa puncak arus mudik Lebaran 2022.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi di Tangerang, Sabtu, mengatakan pergerakan penumpang di Bandara Soetta setempat pada akhir pekan ini diperkirakan tidak jauh berbeda dengan pergerakan penumpang pada periode puncak arus mudik maupun puncak arus balik Lebaran.

Hal itu dikarenakan, banyaknya calon penumpang yang memanfaatkan momen berlibur dengan keluarga.

"Kita tahu, besok hari Senin kita ada hari libur Waisak, data prediktif yang sudah dihimpun oleh rekan-rekan AOCC angkanya ini sekitar 132 ribuan pergerakan penumpang. Jadi ini masih tidak terlalu jauh dari angka puncak (arus mudik dan arus balik) di Soetta," ujarnya.

Ia mengungkapkan pada momen libur tahun ini jumlah calon penumpang akan terjadi peningkatan yang signifikan, baik itu penumpang domestik maupun pergerakan penumpang Internasional.

"Kami sampaikan juga bahwa tren trafik penerbangan internasional ini juga terus meningkat. Jadi, hari ini sudah 15 ribuan. Kalau dihitung in-out, kurang lebih dua kali lipat sekitar 30 ribuan. Jadi ini angka yang cukup prospektif," katanya.

Ia menjelaskan pergerakan penumpang tertinggi di Bandara Soetta terjadi pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah atau atau tepatnya pada hari Jumat (29/4). Di mana, penumpang pesawat yang melintas di Bandara Soetta mencapai 150 ribu orang lebih.

"Angka puncak ini kita tahu ada di 151 ribu (penumpang). Sementara, pergerakan pesawatnya waktu itu 1.050 penerbangan," jelasnya.

Ia juga menyebutkan saat ini tercatat volume pergerakan penumpang ada sekitar 132.676 orang baik kedatangan maupun keberangkatan.

"Untuk keberangkatan terdapat 64.607 penumpang dengan 428 penerbangan dan kedatangan 68.069 penumpang dengan 433 pergerakan pesawat," ungkap dia.

Baca juga: Menhub: Pergerakan arus balik di Bandara Soetta capai rekor tertinggi
Baca juga: Bandara Soetta pastikan kelancaran bagasi-transportasi di arus balik
Baca juga: AP II: Kepadatan arus balik terjadi di tiga terminal Bandara Soetta

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022