Jakarta (ANTARA) - Sebulan setelah Lebaran, pemesanan rental mobil di TRAC masih tinggi, didorong oleh peningkatan pemesanan di pasar individual berkat pelonggaran mobilitas masyarakat, kata Chief Operating Officer (COO) TRAC Halomoan Fischer saat media gathering di kawasan Senopati, Jakarta, Selasa.

"Rasanya, sampai hari ini order masih tinggi. Industri rental itu kan terkait mobilitas penduduk. Jadi ketika lockdown, pasti rental turun, tapi begitu mobilitasnya dilonggarkan lagi, rental naik lagi," kata Fischer.

"Kalau bicara market, ada dua yaitu korporat dan individual. Korporat harus terus bergerak, sehingga yang jatuh banget itu individual. karena. Sekarang, individual mendongkrak kenaikan," imbuh dia.

Baca juga: Gairah wisata untungkan bisnis rental mobil

Fischer menjelaskan, rental harian rata-rata di tahun 2022 telah mencapai angka 1.200 unit, jauh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang rata-rata pemesanannya berada di angka 800 unit. Pemesanan untuk rental bus sendiri, meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Fischer juga mengatakan, pihaknya bahkan kewalahan saat menghadapi peningkatan pesanan di musim mudik Lebaran setelah pemerintah kembali mengizinkan masyarakat mudik ke kampung halaman.

"Dari tanggal 27 April sampai 23 Mei, di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera, semua mobil kita tersewa full. Mungkin yang masih ada sisa itu di Sulawesi dan Kalimantan," tutur Fischer.

"Kalau bicara mengenai peningkatan dari dua tahun sebelumnya, ya peningkatannya luar biasa. Tahun 2020-2021 kita ikuti aturan pemerintah untuk membatasi, dan ketika (aturan) dilepas, udah boleh (bepergian), (mobil) habis," lanjutnya.

Menurut Fischer, industri rental kendaraan berangsur normal sejak November 2022 meskipun sempat mengalami penurunan kembali pada Februari 2022 akibat merebaknya varian Omicron COVID-19. Namun, industri rupanya bisa pulih lebih cepat dibandingkan varian Delta pada pertengahan tahun lalu.

"Kita melihat di rental ini, ternyata, recovery-nya semakin cepat. Kalau Delta memakan waktu 2-3 bulan, Omicron satu bulan. Kita berharap ini akan lanjut terus lah sampai akhir tahun, jadi bisa benar-benar normal, " ujar Fischer.

Sebagai informasi, TRAC merupakan anak usaha PT Serasa Autoraya yang berdiri sejak tahun 1986 untuk memberikan layanan sewa kendaraan, baik untuk urusan bisnis ataupun berlibur. TRAC menghadirkan TRACtoGo sebagai aplikasi yang menawarkan layanan sewa mobil, sewa bus, airport transfer, dan paket wisata lewat fitur Experience.

TRAC menerapkan standar layanan SMART Protocol sebagai salah satu bentuk komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan sepanjang perjalanan, serta didukung teknologi AstraFMS pada setiap unitnya untuk meningkatkan standar layanan dan keselamatan pelanggan sehingga dapat memantau kondisi unit dan pengemudi.

Baca juga: Beli mobil bekas, lelang dan sewa kendaraan kini bisa lewat aplikasi

Baca juga: Permintaan sewa mobil melonjak 30 persen jelang mudik Lebaran

Baca juga: TRAC tawarkan layanan rental mobil berbasis syariah

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022