Jakarta (ANTARA) - Festival belanja online bukan hanya ditunggu-tunggu oleh konsumen, namun, juga penjual untuk meningkatkan penjualan mereka.

Memasuki semester kedua, platfom berlanja online berlomba-lomba mengadakan promosi saat tanggal kembar. Lazada Indonesia menemukan bahwa sudah terbukti tanggal kembar merupakan peluang untuk meningkatkan penjualan.

Supaya hasil maksimal, Lazada memberikan tujuh tips bagi penjual supaya meraih untung saat festival belanja.

Baca juga: Lazada perluas kapasitas UMKM Jateng untuk berjualan secara digital

Baca juga: Tips tingkatkan penjualan lewat "live streaming"


1. Tampilan produk menarik
Ini merupakan hal yang paling dasar, menampilkan produk sejelas dan semenarik mungkin, bisa berupa foto dan deskripsi. Pakai latar yang tidak terlalu ramai dan jarak tidka terlalu jauh supaya detail produk terlihat.

Ambil foto dari berbagai sudut dan ketika sedang digunakan. Pada deskripsi, jelaskan fungsi, keunggulan dan kualitas produk.

2. Tentukan daya jual produk
Salah satu pertimbangan utama membeli sebuah produk adalah harga. Penjual disarankan untuk bisa memberikan nilai (value) diluar harga bahwa angka jual produk tersebut memberikan banyak nilai.

Nilai tersebut bisa dituangkan dalam bentuk cerita, deskripsi dan foto produk. Selain lewat produk, nilai juga bisa telrihat dari layanan seperti membalas pertanyaan dan jaminan pengembalian produk.

Dengan memberikan layanan yang baik, konsumen tidak hanya menilai produk dari harga saja.

3. Pahami algoritma e-commerce
Platform e-commerce menggunakan algoritma dan personalisasi untuk menyesuaikan antara produk dengan pencarian pembeli. Pastikan menggunakan judul produk yang menggunakan kata kunci yang tepat, yaitu kata yang akan dipakai ketika mencari produk.

Tidak hanya foto, lengkapi juga detail produk seperti warna, ukuran dan bahan. Setelah itu, pastikan produk berada di kategori yang tepat.

4. Promosi di media sosial
Meski sudah berjualan di platform e-commerce, promosikan juga produk di akun media sosial toko online. Informasikan promosi yang sedang diadakan dan tautan ke e-commerce supaya konsumen mudah mengakses.

5. Ulasan
Penilaian dan ulasan yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan konsumen. Untuk mendapatkan ulasan yang baik, tentu harus memberikan produk dan layanan yang baik.

Dorong konsumen untuk memberikan ulasan dari setiap transaksi. Sambil mengingatkan mereka untuk memberikan ulasan, tidak ada salahnya memberikan kupon diskon supaya mereka tertarik berbelanja lagi.

6. Gunakan fitur di aplikasi
Setiap platform e-commerce memiliki fitur dan program yang bisa dimanfaatkan untuk penjualan, misalnya gratis ongkos kirim dan kupon diskon. Salah satu fitur yang sedang diminati adalah siaran langsung atau livestreaming, penjual bisa menggunakannya untuk mempromosikan produk secara interaktif.

Setelah menggunakan fitur, cek performa toko dan wawasan lainnya di dasbor yang disediakan.

7. Terus belajar dan berusaha
Berjualan online bukan hal yang mudah dan kegagalan mungkin terjadi. Ikuti pelatihan yang diadakan platform e-commerce dan bergabung dengan komunitas penjual di kota tempat tinggal untuk mendapatkan informasi.

Baca juga: Lazada-Westbike kerja sama dukung pengiriman paket ramah lingkungan

Baca juga: Lazada dorong peningkatan keterampilan anak muda

Baca juga: Kerajaan Thailand protes iklan e-commerce

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022