Jakarta (ANTARA) -
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)  dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Bhayangkara menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan cerita "Semar Mambangun Kahyangan" yang dibawakan oleh tiga dalang di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri , Sabtu malam.
 
Dalam pergelaran yang menampilkan dalang Ki Yanto, Ki Anom Dwijokangko dan Ki Anom Sutrisno tersebut tampak hadir Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta pejabat utama Polri, KASAlL Laksamana TNI Yudo Margono, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto.
 
Pesta rakyat yang direncanakan berlangsung dari pukul 19.00 WIB sampai dengan 03.00 WIB ini disemarakkan dengan sajian kuliner gratis bagi warga yang menonton pertunjukan wayang. Ada 50 lebih pedagang kuliner yang menjajakan aneka makanan mulai dari bakso, sate ayam, kerak telor, angkringan, gule tikungan (gutik), wedang jahe, tahu genjrot, nasi goreng, siomay, bakmi Gunung kidul, dinsum, dan masih banyak lainnya.

Masyarakat tampak antusias untuk mencicipi kuliner dari berbagai daerah, bahkan beberapa stand tampak warga antre untuk mendapat jajanan.

Hiburan rakyat yang menghadirkan bintang tamu Kirun, Marwoto, serta sinden Endah Laras dan Eka Kebumen tersebut juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah hiburan dengan hadiah utama satu unit rumah.
 
Salah satu warga yang hadir mengapresiasi penyelenggaran pergelaran wayang kulit oleh Polri, karena merasa rindu untuk menonton hiburan rakyat setelah dua tahun pandemi COVID-19.
 
"Saya penggemar wayang kulit, sangat bangga dengan ada pertunjukkan wayang oleh Polri ini. Kalau bisa setiap tahun diadakan acara seperti  ini," kata Kukuh Waluyo (68).
 
Kukuh datang bersama istrinya Soni (68) yang rencana akan menonton sampai pertunjukan wayang selesai pukul 03.00 WIB. Pasangan suami istri asal Ponorogo yang tinggal di Kebayoran Lama itu datang karena senang dengan wayang. "Bukan karena doorprize-nya, tapi murni karena suka wayang," kata Soni.
 
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022