Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru akan menggelar upacara peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus secara daring, sesuai petunjuk dari pusat.

"Keputusan tersebut menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat. Kita mengikuti kegiatan yang ada di Istana Negara secara daring," kata Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan direncanakan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun akan bergabung dengan Gubernur Riau untuk mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara daring.

"Sementara Sekda yang akan memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk ikut upacara via daring di Perkantoran Tenayan Raya," kata dia yang juga Ketua Panitia Perayaan HUT RI di Pekanbaru.

Baca juga: Pemkot Makassar siapkan 77 bendera Merah Putih di Anjungan Losari

Baca juga: Bupati Solok targetkan 20 ribu peserta upacara HUT RI di Gunung Talang


Meski upacara detik-detik proklamasi ini digelar secara daring, namun sebelumnya pada pukul 07.30 WIB akan digelar upacara di Perkantoran Tenayan Raya.

"Kalau upacara tetap ada kita laksanakan, namun yang detik-detik proklamasi kita laksanakan daring. Biasanya kita menggelar juga upacara detik-detik proklamasi, namun karena ada aturan dari pusat dilakukan secara daring, ya, kita laksanakan saja sesuai aturan tersebut," katanya.

Pemerintah Kota Pekanbaru juga menggelar berbagai kegiatan dan perlombaan untuk menyemarakkan HUT ke-77 RI ini.

"Ada banyak kegiatan yang kita laksanakan. Seperti pembagian 10.000 bendera, kemudian ada juga Festival Pangan yang juga sudah kita laksanakan," sebutnya.

Selanjutnya akan ada juga kegiatan gerak jalan merdeka, kemudian ada juga kampung merah putih yang nanti ada berbagai kegiatan di Kampung Merah Putih ini. Mulai dari gerak jalan, pembagian perlengkapan sekolah, pembagian bendera merah putih, vaksinasi massal, pasar murah dan penyaluran bantuan sosial untuk penyandang disabilitas.

"Tak hanya itu saja, nantinya di halaman Mal Pelayanan Publik juga akan digelar lomba permainan rakyat antar OPD. Jadi nanti kepala OPD akan ikut kegiatan dan banyak lucu-lucuan di sana. Selain itu juga akan ada bazar UMKM nantinya di sana," ujarnya.

Dia menambahkan juga akan ada lomba karikatur wajah mirip Pj Walikota dan Gubernur Riau.

Selain itu, akan ada juga lomba ornamen atau dekorasi dan suasana kemerdekaan kepada hotel, restoran, kafe ataupun pusat perbelanjaan.

"Kita juga akan mengikuti pawai budaya yang akan dilaksanakan di tingkat Provinsi. Jadi banyak kegiatan yang akan kita selenggarakan," ucapnya.*

Baca juga: Pemkab Solok akan gelar upacara bendera 17 Agustus di Gunung Talang

Baca juga: Istana kembali gelar kirab bendera pusaka dari Monas pada HUT RI

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera Lusiana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022