Pengenalan SAR sejak usia dini ini dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah pada berbagai jenjang
Palangka Raya (ANTARA) -
Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP)/Basarnas Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menggencarkan pengenalan tentang 'search and resque' (SAR) atau pencarian dan pertolongan sejak usia dini melalui program "SAR Goes To School".
 
Kepala KPP/Basarnas Palangka Raya Muhammad Haryadi di Palangka Raya, Senin, mengatakan, pengenalan SAR sejak usia dini ini dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah pada berbagai jenjang.
 
"Kegiatan ini merupakan implementasi dari program nasional, yakni "SAR Goes To School", yakni kegiatan pemasyarakatan Basarnas kepada anak-anak sekolah tentang pentingnya SAR preventif," katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, penting bagi masyarakat untuk mengenal serta memahami SAR sejak usia dini, sehingga dapat benar-benar melekat dan diterapkan pada berbagai kondisi, terutama di kawasan perairan.
 
"Dengan anak-anak yang mengenal dan mengetahui SAR sejak dini, maka akan membantu menekan faktor kelalaian yang kerap terjadi, sehingga kejadian seperti tenggelam dan lainnya bisa dicegah atau antisipasi," katanya.
 
Adapun pengenalan SAR yang Basarnas Palangka Raya berikan kepada pelajar di sekolah, seperti tata cara yang benar tentang menyelamatkan diri apabila tenggelam, maupun mengenali alat-alat keselamatan.
 
"Minimal bisa jadi pengetahuan anak-anak, apabila beraktivitas di kawasan perairan. Mereka pun mengerti, jika beraktivitas di air harus bisa berenang, ataupun menggunakan alat-alat keselamatan," katanya.
 
Selain itu melalui pengenalan SAR tersebut, anak-anak diyakini akan lebih mengerti dan peduli untuk memerhatikan rambu atau papan peringatan yang terpasang pada masing-masing tempat.
 
Ia mencontohkan, jika anak-anak menemui papan peringatan untuk tidak berenang karena arus yang besar dan kuat pada suatu wilayah seperti pesisir pantai, maka mereka akan lebih mengerti dan mematuhinya sebab telah dibekali dengan pengetahuan yang memadai berkaitan hal itu.
 
Salah satu sekolah yang baru saja didatangi Basarnas Palangka Raya untuk menggelar "SAR Goes to School" adalah Hasanka di Palangka Raya.

Ke depan pihaknya juga akan menyasar lebih banyak sekolah pada setiap jenjang pendidikan,.

"Dan tidak hanya di Palangka Raya namun juga kabupaten lainnya di Kalteng," demikian Muhammad Haryadi.


 
Baca juga: Basarnas : Kalteng perlu perbanyak unit SAR di sungai

Baca juga: Basarnas temukan bangkai kapal yang diduga KM Putri Ayu 3

Baca juga: Dua korban kapal terbalik di Perairan Tanjung Puting ditemukan

Baca juga: Basarnas perluas lokasi pencarian tujuh korban kapal terbalik

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022