Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut di Jawa Barat berhasil meraih Anugerah Kualitas Jabatan Pimpinan Tinggi Kategori Baik tahun 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai wujud penilaian profesional terhadap pemerintah daerah dalam menerapkan nilai inti ASN.

"Ini adalah komitmen kita semua, meskipun puas dan tidak puas, ya tentang pengisian jabatan tinggi sudah dilakukan oleh pansel (panitia seleksi), dan kita dilakukan oleh suatu pansel diawasi oleh KASN, dan kita mendapatkan apresiasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara," kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, melalui siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Jumat.

Baca juga: BNPB: Tanah longsor di Kabupaten Garut lebih tinggi dari banjir

Ia mengatakan keberhasilan meraih penghargaan dari KASN merupakan hasil kerja keras dan komitmen bersama yang dilakukan oleh semua pihak untuk mewujudkan pemerintahan yang baik.

Ia berharap pejabat tinggi pratama bisa membuktikan bahwa dirinya benar-benar profesional dan melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan nilai inti ASN yaitu Ber-Akhlak akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Baca juga: Artis komedian Dicky Chandra tertarik maju di Pilkada Kabupaten Garut

"Dapat menggerakkan potensi yang ada di dinasnya sebagai CEO, sehingga hal yang berhubungan dengan program dan kegiatan disusun dengan efisien, efektif, dan juga mempunyai dampak terhadap layanan masyarakat," kata Rudy.

Penyerahan anugerah tersebut dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (6/10), yang dibuka Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin.

Baca juga: BNPB: Penyempitan badan sungai faktor utama terjadinya banjir di Garut

Dalam acara tersebut hadir Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana, serta pimpinan instansi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi tahun 2021 itu merupakan bentuk apresiasi KASN kepada instansi pemerintah yang telah melaksanakan pengisian jabatan pimpinan tinggi baik melalui seleksi terbuka dan uji kompetensi dalam rangka mutasi, rotasi, yang dilaksanakan sepanjang 2021.

Baca juga: Menikmati mudik Lebaran di jalur wisata Kabupaten Garut

Kabupaten Garut dari sekian banyak pemerintah daerah meraih penghargaan dari KASN dalam Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi dengan Kategori Baik.

Dari 431 instansi pemerintah yang telah dinilai berdasarkan penilaian dari berbagai aspek hanya 82 pemerintah daerah yang ditetapkan untuk menerima penghargaan KASN dengan rincian 14 instansi mendapatkan predikat Sangat Baik dan 68 yang berhasil mencapai kategori Baik.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022