Jakarta (ANTARA) - Pertama kali bekerja sama dengan aktor Korea Selatan, sutradara dan penulis “Connect” Takashi Miike mengaku sempat alami kendala visa karena pandemi COVID-19.

“Aku telah mencoba banyak hal untuk pertama kali, dan ini pertama kalinya aku bekerjasama dengan serial OTT dan pemain asal Korea Selatan,” kata Miike saat konferensi pers virtual, Jumat.

"Dibalik itu, terjadi pandemi COVID-19 sehingga aku sempat mengalami masalah visa saat ingin datang lebih awal (ke Korea). Tapi aku terkesan dengan teknologi digital dimana kami bisa mengelaborasi virtual platform seperti zoom,” sambungnya.

Dengan demikian, Miike pun merasa terbantu karena tetap dapat bertemu dengan para pemain meskipun hanya secara virtual.

“Jadi meskipun kita tidak bisa bertemu secara langsung, kita bisa berkomunikasi meskipun terhalang jarak. Dan aku meminta asisten sutradara untuk secara virtual memperlihatkan kepadaku seperti apa lokasi syutingnya,” ungkap Miike.

Meskipun sempat merasa cemas karena hanya berkomunikasi via zoom, namun Miike bersyukur seluruh proses pembuatan “Connect” dapat berjalan dengan lancar. Terlebih, Miike pun mendapat dukungan dari para pemain sehingga proses pembuatan “Connect” pun dapat berlangsung dengan baik.

“Selain itu aku juga melakukan pertemuan zoom dengan para pemain. Dan aku sempat merasa cemas semua tidak akan berjalan lancar karena kita harus berkolaborasi secara virtual,” ujar Miike.

“Tapi Haein mengatakan padaku saat pertemuan zoom, aku akan selalu ada di pihakmu. Aku akan ada di belakangmu. Jadi tolong lakukan apapun yang kamu harapkan. Itu berharga bagiku. Dan dengan dukungan itu, kami sukses menyelesaikan perekaman serial tersebut,” imbuhnya.

Meskipun membutuhkan jasa penerjemah untuk berkomunikasi dengan para pemain, namun “Connect” tetap dikerjakan dengan naskah yang sama. Menurut Miike, penggunaan jasa penerjemah pun membuat serial “Connect” menjadi lebih bermakna.

“Tentu kita membutuhkan jasa penerjemah untuk berkomunikasi dengan pemain, tapi kami tetap mengerjakan dengan naskah yang sama. Penggunaan jasa penerjemah menghasilkan interpretasi yang berbeda. Namun hal itu justru menambah makna dari serial ini,” papar Miike.

“Dan ketika aku ingat-ingat lagi tengang proses pembuatan serial ini, aku merasa ini adalah takdir dan juga keajaiban kita bisa berkolaborasi di serial ini,” pungkasnya.

Baca juga: Serial "Connect" dari Disney+ Hotstar debut di BIFF 2022

Baca juga: Serial drama Korea "Connect" segera tayang di Disney+ Hotstar

Baca juga: "Little Women" rilis pernyataan usai berhenti tayang di Vietnam


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022