Wamena (ANTARA) - 447 orang calon aparatur sipil negara Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, formasi tahun 2018 mengikuti pelatihan dasar yang diselenggarakan di Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Yalimo.

Wakil Bupati Yalimo, John Wilil, pada pembukaan latihan dasar itu di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Jumat, mengakui pelatihan baru dilakukan karena pemerintahan di sana sudah mulai berjalan normal setelah kerusuhan beberapa waktu lalu.

"Kami memang terlambat melaksanakan tetapi hari ini sudah dibuka dan kami harapkan melalui kegiatan Latsar, terbentuk moral, karakter ASN yang baik ke depan," katanya.

Baca juga: Kemendikbud siap akomodasi calon guru penggerak asal Pesisir Selatan

Ia mengharapkan pembina yang nantinya mendampingi CASN, menanamkan disiplin yang baik kepada peserta agar mereka menjadi ASN yang benar-benar siap, karena dengan terwujudnya ASN yang baik maka pemerintahan di sana akan hidup dalam berbagai fungsi-fungsi pelayanan kemasyarakatan. "Karena ASN yang menentukan arah kebijakan pemerintahan di setiap pemerintahan misalnya di Yalimo," katanya

Menurut dia ASN Yalimo juga harus siap dalam segala hal, agar ketika ditempatkan pada satu pekerjaan yang berkaitan dengan pemerintah, ASN bersangkutan bisa menyelesaikan tanggungjawabnya.

Baca juga: BKD Jabar inisiasi laman uji coba bagi calon ASN

"Mereka harus kolaborasi dengan dinas-dinas lain supaya mereka punya pengetahuan itu tidak hanya satu bidang saja tetapi semua bidang atau dengan kata lain mereka mengusai dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh negara," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Yalimo, Legion Helakombo, mengatakan setelah mendapatkan materi di Jayawijaya, 447 peserta itu akan kembali ke Kabupaten Yalimo untuk mengaktualisasi tugas mereka di masing-masing organisasi perangkat daerah.

Baca juga: Kasus percaloan calon ASN di Mataram diduga libatkan pegawai BKN

"Sekarang pembekalan di ruangan lalu pada 10 hingga 19 Oktober, mereka turun untuk mengaktualisasi kantornya masing-masing dibawa pimpinan OPD bersangkutan," katanya.

Selanjutnya pada 20 Oktober peserta kembali masuk ruangan untuk menerima materi dan pada 26 Oktober hingga 15 November mereka turun lapangan lagi lalu dilanjutkan dengan penutupan pada bulan ini. Calon ASN Kabupaten Yalimo yang mengikuti latihan dasar terdiri dari golongan II sebanyak 111 orang dan golongan III sebanyak 336 orang.

Baca juga: KPK gelar pelatihan calon penyuluh antikorupsi bagi 400 ASN Banten

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022