Kami jadikan ajang ini sebagai untuk mengukur sejauh mana kekuatan atlet pelatnas Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) mengirim 16 lifter terbaik untuk bersaing dalam Kejuaraan Asia 2022 atau IWF Asian Championships 2022 di Manama, Bahrain, 6-16 Oktober.

Manajer Tim Angkat Besi Indonesia Pura Darmawan kepada ANTARA via telepon, Jumat, mengatakan atlet yang bertolak ke Bahrain terdiri dari enam putra dan 10 putri.

"Semuanya adalah atlet pelatnas. Mereka dalam kondisi baik dan semoga bisa meraih hasil maksimal di Bahrain," ujar Pura.

Dari sektor putra, Merah Putih bakal mengandalkan Satrio Adi Nugroho, Ricko Saputra, Mohammad Yasin, Riski Juniansyah, Rahmat Erwin Abdullah, dan Muhammad Zul Ilmi.

Sementara untuk putri Najla Khoirunnisa, Siti Nafisatul Hariroh, Windy Cantika Aisah, Juliana Klarisa, Natasya Beteyob, Nelly, Sarah, Tsabitha Alfiah Ramadhani, Restu Anggi, dan Nurul Akmal.

Pura mengungkapkan lifter Indonesia hadir dengan motivasi tinggi. Sebab, Kejuaraan Asia akan menjadi pembuktian dari mereka untuk bisa terpilih mewakili Indonesia mengikuti ajang kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024.

"Kami jadikan ajang ini sebagai untuk mengukur sejauh mana kekuatan atlet pelatnas Indonesia dan juga membaca peta kekuatan lawan untuk Kejuaraan Dunia di Kolombia," ujar Pura.

Adapun terkait peluang, Pura mengatakan Indonesia memiliki potensi di tiga kelas yang dilombakan. Meski begitu, dia tak merinci kelas mana yang diharapkan bisa mendulang medali emas.

"Kami mohon doa dan dukungan, semoga atlet yang tampil di Kejuaraan Asia ini bisa meraih hasil terbaik. Semua atlet dalam kondisi onfire," pungkas Pura yang menyebut perlombaan dimulai, esok.

Pada Kejuaraan Asia 2020 yang bergulir di Tashkent, Uzbekistan pada 16-25 April 2021 lalu, Indonesia mendulang dua perunggu melalui Windy Cantika pada angkatan snacth kelas 49kg putri dan Rahmat Erwin di kelas 73kg putra pada angkatan clean and jerk.

Baca juga: Lifter potensial bermunculan di Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior
Baca juga: Eko Yuli masuk daftar pengajuan kualifikasi Olimpiade Paris 2024
Baca juga: Tangis bahagia Citra Febrianti hiasi realokasi perak Olimpiade 2012

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022