Bola Basket

Satria Muda libas Satya Wacana untuk menuju semifinal Indonesia Cup

Satria Muda libas Satya Wacana untuk menuju semifinal Indonesia Cup
Pemain Satria Muda Pertamina Jakarta Ali Bagir Alhadar (kanan) bersalaman dengan rekan satu timnya Widyanta Putra Teja (kiri) dalam pertandingan melawan Satya Wacana Salatiga pada babak perempat final IBL Indonesia Cup 2022 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Kamis (10/11/2022). ANTARA/HO-IBL.
Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta melibas Satya Wacana Salatiga pada babak perempat final IBL Indonesia Cup 2022 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Sang juara bertahan IBL Satria Muda menunjukkan taringnya ketika mengalahkan Satya Wacana dengan margin 30 poin (80-50).

Mengutip laman IBL, pada pertandingan kali ini, pelatih kepala Satria Muda Youbel Sondakh menampilkan Arki Dikania Wisnu dan M. Sandy Ibrahim Aziz. Keduanya memang pemain yang sebenarnya menghuni tim inti Satria Muda.

Baca juga: Jamarr bawa Dewa United ke semifinal IBL Indonesia Cup 2022

Kemudian tiga pemain lainnya adalah Hardianus, Antoni Erga, dan Juan Laurent Kokodiputra. Kehadiran Arki membuat para pemain Satya Wacana kocar kacir.

Sementara dari Satya Wacana, pelatih kepala Jerry Lolowang berusaha mengimbangi starter Satria Muda, dengan memainkan lima pemain terbaiknya. Mereka adalah Calvin Biyantaka, Mikael Baliba, Randy Ady Prasteya, Febrianus Khiandio, dan kapten tim Henry Cornelis Lakay.

Sejak tip-off, Satria Muda terus mencetak poin hingga membuat skor jadi 17-0. Turnover demi turnover terus dibuat oleh anak-anak Satya Wacana sampai mereka kesulitan mendapatkan attempt.

Pelatih Jerry Lolowang sebenarnya sudah melakukan cara untuk memotong momentum Satria Muda, namun tidak berhasil. Satya Wacana baru memecah kebuntuan pada sisa waktu tiga menit melalui three point Baliba.

Satria Muda menutup kuarter pertama dengan keunggulan 24-8.

Perlahan Satya Wacana mulai menemukan cara untuk menjebol ring Satria Muda. Karena sulit masuk ke paint area, mereka mencoba tembakan three point.

Upaya tersebut tidak cukup untuk membuat Satya Wacana mendekati Satria Muda. Mereka malah tertinggal 26 angka (46-20) saat turun minum.

Baca juga: Prawira melaju ke semifinal Indonesia Cup usai sisihkan Bima Perkasa

Memasuki kuarter ketiga, Satya Wacana tampil lebih baik. Mereka bisa mengimbangi permainan Satria Muda. Kedua tim sama-sama menghasilkan 18 poin.

Dengan kata lain, keunggulan Satria Muda tetap tidak tergoyahkan. Meski terlambat, Satya Wacana masih memberikan perlawanan untuk Satria Muda.

Di sisa waktu dua menit Satria Muda bisa mencetak keunggulan 29 angka (64-35), setelah Hardianus mencetak three point memanfaatkan assist dari Ali Bagir. Namun, para pemain Satya Wacana bisa menurunkan jarak poin hingga kembali ke 26 angka (38-64).

Pada kuarter keempat Satria Muda tampaknya semakin tak terbendung. Berusaha mengejar ketertinggalan, namun tampaknya sudah terlambat bagi Satya Wacana.

Satria Muda meninggalkan Satya Wacana dengan margin 30 poin mencetak skor 80-50 untuk memenangi pertandingan.

Kemenangan tersebut membuat Satria Muda berhadapan dengan Dewa United Surabaya, yang sebelumnya berhasil mengalahkan Amartha Hangtuah Jakarta, pada babak semifinal yang akan digelar Sabtu.

Baca juga: Satria Muda juara grup seusai kandaskan Evos di IBL Indonesia Cup 2022
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022

Rano Karno apresiasi peningkatan di Porprov VI Banten