Serang (ANTARA) - PT PLN UID Banten menanam sekitar 5 ribu pohon mangrove yang dilaksanakan di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, dengan menggandeng kelompok Tani Hutan Mangrove Segara Biru dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis, di Serang, Senin, mengatakan penanaman pohon ini merupakan bentuk konsistensi PLN dalam mendukung tercapainya net zero emission di tahun 2060.

Menurutnya, PT PLN (Persero) berkomitmen untuk turut serta dalam melestarikan alam dan menyelamatkan lingkungan hidup. Hal tersebut diwujudkan dengan pelaksanaan penanaman pohon secara serentak oleh PLN di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

“Kegiatan ini merupakan upaya PLN dalam mendukung tercapainya net zero emission sesuai dengan target pemerintah yakni pada tahun 2060 dan juga merupakan program 'Green Living Ecosistem' dimana PLN turut melestarikan alam dan juga ikut andil dalam upaya memitigasi perubahan iklim. Di tahun ini kita menanam sebanyak lima ribu bibit mangrove di Desa Lontar.” kata Abdul Mukhlis.

Baca juga: Yayasan Kehati kembangkan program konservasi mangrove di Banten

Baca juga: Yayasan KEHATI menanam mangrove di Pantai Panimbang


Kegiatan itu merupakan kolaborasi melalui Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan.

“Program ini merupakan bagian PLN dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan khususnya dalam mengurangi emisi atau karbon untuk menghasilkan ekosistem lingkungan yang lebih sehat, sehingga dapat menjadi keberlangsungan hidup anak dan cucu kita ke depan,” kata Abdul Mukhlis.

Dia juga berharap mangrove yang diberikan ini nantinya ditanam dan dipelihara dengan produktif, sehingga selain bermanfaat secara ekologis juga dapat menjadi manfaat ekonomis bagi masyarakat sekitar.

“Mangrove dapat menahan ombak dan memitigasi abrasi atau pengikisan tanah di daerah pesisir seperti lokasi kita saat ini. Selain itu kami harapkan ke depannya mangrove yang ada di Desa Lontar ini dapat menjadi lokasi Eduwisata Lingkungan yang dapat memberikan manfaat ekonomis bagi warga sekitar,” kata Mukhlis.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang, H. Prauri mengapresiasi  PLN yang peduli lingkungan sekitar khususnya terhadap pelestarian mangrove di wilayah Serang.

“Kami sangat mengapresiasi langkah PLN yang turut peduli terhadap kelestarian lingkungan. Dengan adanya penanaman mangrove di Desa Lontar ini akan sangat bagus untuk menjaga ekosistem laut dan habitat di dalamnya,“ kata Prauri.*

Baca juga: Babel rakor persiapan kunjungan Presiden Jokowi di mangrove Munjang

Baca juga: 4500 batang pohon mangrove ditanam di pesisir Banten

 

Pewarta: Mulyana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022