Seirampah, Sumut (ANTARA) - Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, memberikan apresiasi kepada masyarakat di Kecamatan Tanjung Beringin yang menggelar pawai obor sebagai bentuk ungkapan rasa gembira menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijirah.

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Rabu, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah memprakarsai terlaksananya kegiatan pawai obor tersebut , terkhusus kepada panitia dan Komunitas Bedagai Mengaji (KBM).

Ia berpendapat, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dapat mewujudkan visi Sergai yang religius, selain tentunya mandiri dan sejahtera.

Menurut dia pawai obor dan kegiatan serupa bisa terus dipertahankan dan dilestarikan. Bahkan dirinya menyebut akan melakukan pembahasan khusus agar Pawai Obor di Tanjung Beringin mendapat dukungan aturan daerah.

"Kami akan bahas supaya kegiatan baik semacam ini ada Peraturan Bupati-nya supaya bisa dianggarkan setiap tahunnya. Bagaimana pun kegiatan Pawai Obor adalah salah satu kearifan lokal yang perlu untuk dilestarikan keberadaannya," katanya.

Bupati tidak lupa menyampaikan agar semuanya menyambut Ramadhan dengan sebaik-baiknya dan mendoakan umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

"Semoga dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023 ini, kita semua senantiasa diberikan kesehatan. Mewakili Pemkab Sergai, kami mengucapkan mohon maaf lahir batin," kata Darma Wijaya .

Sementara Camat Tanjung Beringin, Elmiati, menjelaskan Pawai Obor tersebut merupakan tradisi warganya. Pihaknya juga menyebut akan mendukung seluruh kegiatan positif yang diinisiasi oleh masyarakat.

"Namun kami berpesan kepada panitia agar benar-benar memperhatikan keamanan dan kenyamanan para peserta," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023