Manado (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) H Sarbin Sehe, di Manado, Kamis, mengatakan raihlah gelar Takwa di bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Saya mengajak seluruh umat Islam di Sulawesi Utara untuk menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang bersih," kata Sarbin, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan sambutlah bulan yang penuh rahmat ini dengan hati yang bersih karena bulan Ramadhan merupakan bulan ampunan dan pembebasan bagi setiap Muslimin yang menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas.

Sebagai bulan yang suci dan mulia, katanya, Ramadhan menjadi sarana menghanguskan berbagai dosa dari setiap Muslimin dan Muslimah setahun lalu.

Baca juga: Pakar berbagi tips puasa bugar dengan makan sehat hingga stop rokok

Baca juga: Presiden AS Joe Biden ucapkan selamat berpuasa kepada umat Islam


Bulan Ramadhan adalah bulan diwajibkannya orang-orang yang beriman untuk berpuasa, sebagai sarana efektif memperbaiki diri meraih gelar taqwa di hadapan Allah SWT.

Gelar taqwa atau Muttaqin adalah gelar mulia yang disediakan bagi mereka yang beribadah puasa dengan penuh keimanan dan ketakwaan. Gelar Muttaqin inilah membedakan derajat manusia di hadapan Allah SWT.

Predikat Muttaqin tersebut menurut Kakanwil dapat dicapai dengan menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, menjaga dan memelihara ibadah puasa dengan sebaik-baiknya dari segala perilaku yang membatalkan ibadah puasa atau mengurangi pahala dari ibadah puasa.

Dalam hal ini, yang dimaksud memelihara ibadah puasa dari segala yang membatalkannya yakni senantiasa menjaga diri dari perilaku buruk.

Menahan diri dari berbuat selain kebaikan, baik kepada Allah SWT, kepada alam di sekitar dan kepada sesama manusia, serta menjaga ucapan. Dengan kata lain, segala yang dilakukan selama Ramadhan hendaknya bernilai kebaikan.

Olehnya itu, dalam rangka menyambut awal Ramadhan ini Kakanwil mengajak untuk memanfaatkan momen sekali dalam setahun untuk mengerjakan hal baik, membersihkan diri dari dosa hingga nantinya meraih gelar takwa.

Kepada umat Islam se-Provinsi Sulawesi Utara kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa tahun 1444 H/2023 M. Semoga ibadah puasa setiap tahun yang dijalankan menjadikan sebagai hamba terbaik di sisi Allah SWT.

"Prestasi taqwa adalah buah dari ibadah puasa bagi setiap Muslimin dan Muslimah menjalankan ibadah puasa," kata Kakanwil.*

Baca juga: Agar tetap sehat saat jalani puasa di musim pancaroba

Baca juga: Disperindagkop Kaltim siapkan program jamin ketersediaan bahan pokok


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023