Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq berjanji akan menggratiskan tagihan air bersih untuk semua masjid, meunasah atau mushalla selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah
Banda Aceh (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRK) Kota Banda Aceh Farid Nyak Umar meminta pemerintah kota (pemkot) setempat melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumdam) Tirta Daroy menggratiskan penggunaan air bersih di tempat ibadah selama Ramadhan 1444 Hijriah.

"Kami minta Perumdam bisa memberikan penggunaan air bersih gratis untuk masjid, meunasah, dan mushala selama bulan suci Ramadhan," katanya di Banda Aceh, Jumat.

Farid mengatakan, pihaknya sudah melihat langsung pelayanan dari Perumdam Tirta Daroy terkait kesiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

Saat ini, kata dia, persiapan instalasi pengolahan air bersih di sana sangat bagus, sehingga diharapkan benar-benar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya sarana ibadah.

Selain itu, ia juga meminta perusahaan segera menanggapi keluhan masyarakat tentang air bersih khususnya di fasilitas umum, hal ini penting mengingat air bersih merupakan kebutuhan yang sangat primer.

“Selama ini pelayanan Perumdam Tirta Daroy sudah baik dengan cepat merespon setiap pengaduan masyarakat, hal ini harus ditingkatkan,” kata Farid Nyak Umar .

Sementara itu, Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Usman menegaskan pihaknya terus memberikan dukungan kepada Perumdam Tirta Daroy guna meningkatkan pelayanan kepada warga kota.

Terkait kendala yang dihadapi Perumdam Tirta Daroy seperti jaringan perpipaan dan instalasi yang merupakan jaringan peninggalan lama, pihaknya mendorong agar peremajaan dapat dilakukan dengan menyusun rencana yang komprehensif.

“Kami minta Perumdam Tirta Daroy menghitung berapa kebutuhan anggaran agar PDAM bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Usman.

Terkait permintaan itu, Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq berjanji akan menggratiskan tagihan air bersih untuk semua masjid, meunasah atau mushalla selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

“Saya sangat setuju, dan Insya Allah bisa kita penuhi dengan tidak memungut iuran air bersih selama bulan Ramadhan untuk seluruh masjid hingga mushala di Banda Aceh,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah meminta Perumdam Tirta Daroy menyiapkan mobil tangki air bersih untuk menunjang kebutuhan tempat ibadah.

“Kebutuhan air bersih pasti lebih banyak dari hari biasa. Karena itu, kapan pun dibutuhkan, kami sudah menyiapkan truk tangki untuk mendistribusikan air gratis ke masjid,” demikian Bakri Siddiq.

Baca juga: BBPOM memastikan takjil Ramadhan di Banda Aceh aman untuk dikonsumsi

Baca juga: Banda Aceh melarang pedagang makanan berjualan pada siang hari selama Ramadhan

Baca juga: Banda Aceh merumuskan kebijakan ketertiban dan kenyamanan Ramadhan

Baca juga: Banda Aceh mempertahankan program pasar murah hingga Ramadhan

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023