Gebyar Takjil adalah kegiatan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan pelaku usaha mikro kecil pada saat bulan suci Ramadhan
Batang, Jateng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, membuka kegiatan "Gebyar Takjil" yang diikuti oleh puluhan pedagang makanan dalam rangkaian menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto di Batang, Sabtu, mengatakan bahwa acara Gebyar Takjil adalah kegiatan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan pelaku usaha mikro kecil pada saat bulan suci Ramadhan.

"Para pelaku UKM ini memang mengajukan izin pada pemkab agar bisa berjualan takjil di Jalan Veteran Batang. Pemkab pun tidak keberatan dan mengizinkan para pelaku UKM agar bisa meningkatkan pendapatan sekaligus untuk pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Ketua Paguyuban Takjil Veteran, Rini mengatakan bulan suci Ramadan 1444 Hijriah bisa menjadi menjadi bulan penuh berkah bagi semua umat Islam, tak terkecuali bagi para pedagang makanan takjil.

Kegiatan Gebyar Takjil tahun sebelumnya, lanjut dia, sempat ditiadakan karena adanya pandemi COVID-19 serta dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Selama pandemi COVID-19, kami tutup total namun sejak diizinkannya kembali adanya Gebyar Takjil diharapkan dapat membawa rezeki bagi para pedagang makanan selama Ramadan," katanya.

Ia menyebutkan sebelum pandemi COVID-19, para pedagang takjil mampu meraih omset hingga Rp500 ribu per hari sehingga pada bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah mereka dapat meraih untung yang lebih banyak lagi.

"Pada Gebyar Takjil itu, ada beberapa menu yang dijual seperti kolak, aneka es, dan gorengan, bahkan menu berat untuk menu buka puasa. Untuk harga menu sangat ekonomi yaitu mulai Rp2 ribu hingga Rp10 ribu," demikian Rini.

Baca juga: Kejari-Dinkes Batang merajut kebersamaan melalui berbagi takjil

Baca juga: Bisa dibuka, pemilik toko disarankan memasang gorden selama bulan Ramadhan

Baca juga: Pemkab Batang sedang mengecek ketersediaan bahan pangan jelang Ramadhan

Baca juga: Serangan Petasan di Batang Hampir Tewas

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023