Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang di Provinsi Sumatera Barat menyalurkan dana hibah total Rp825 juta untuk masjid dan mushala di wilayahnya selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Padang Fuji Astomi di Padang, Sabtu, penyaluran dana hibah untuk masjid dan mushala merupakan bagian dari Program Safari Ramadhan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Ia mengatakan bahwa dana hibah dari pemerintah kota akan disalurkan ke 33 masjid dan 33 mushala yang ada di Kota Padang. 

Pemerintah Kota Padang mengalokasikan dana hibah Rp15 juta untuk setiap masjid dan Rp10 juta untuk setiap mushala.

"Ramadan tahun ini ada 33 masjid dan 33 mushala yang bakal dikunjungi oleh tujuh Tim Safari Ramadan dan bantuan hibah itu hanya bisa dicairkan apabila pengurus melengkapi syarat hibah," kata Fuji.

Selain itu, Perusahaan Daerah Air Minum di Kota Padang menggratiskan layanan penyediaan air bagi bagi masjid dan mushala yang telah berlangganan hingga akhir tahun 2023.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan bahwa seluruhnya ada 291 masjid dan 316 mushala di Kota Padang yang akan mendapatkan layanan air bersih gratis dari April hingga Desember 2023.

"Total ada 1.600 masjid dan musala yang ada di Padang, namun tidak semua yang berlangganan air dengan Perumda Air Minum," katanya.

"Untuk rumah ibadah non-Muslim juga akan kita berikan gratisan selama rumah ibadah itu berlangganan," dia menambahkan.

Baca juga:
Padang larang tempat hiburan malam beroperasi selama Ramadhan
Padang luncurkan Program Pesantren Ramadhan 1444 Hijriah


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023