counter

Tiga tips buat mudik tahun ini jadi lebih nyaman

Tiga tips buat mudik tahun ini jadi lebih nyaman
Hyundai Stargazer (ANTARA/ALVIANSYAH PASARIBU)
Jakarta (ANTARA) - Momen mudik 2023 akan terasa lebih spesial dibanding beberapa tahun terakhir karena kondisi pandemi COVID-19 kian mereda. Pemerintah juga tidak lagi menerapkan pembatasan atau larangan perjalanan sehingga masyarakat semakin leluasa untuk melakukan perjalanan mudik.

Baca juga: Langkah perawatan motor yang dipakai mudik

Sejalan dengan hal tersebut, kenaikan jumlah pemudik pun telah diprediksi akan terjadi, mencerminkan tingginya minat masyarakat untuk kembali ke kampung halaman.

Maka dari itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan persiapan mudik secara matang, termasuk bagi yang akan menggunakan kendaraan pribadi.

Dengan perjalanan jauh yang akan ditempuh, ditambah potensi kepadatan yang akan terjadi, pemudik harus memerhatikan segala aspek untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama menjalani mudik.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) baru-baru ini menggelar talkshow bertajuk “Sambut Ramadhan Bersama Hyundai”. Pada acara tersebut, HMID mengundang publik figur Bintang Emon dan Ananda Omesh untuk membagikan tiga tips mudik yang nyaman dan aman.

Baca juga: Tips mudik supaya si kecil tidak rewel di perjalanan

Pertama menjaga kondisi fisik. Saat mudik, waktu yang ditempuh selama perjalanan akan berjam-jam. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan kondisi fisik sebaik mungkin, baik itu sebelum berangkat maupun selama melakukan perjalanan.

Kondisi tubuh tetap bisa dijaga prima dengan makan makanan bergizi, olahraga, tidur cukup, dan minum vitamin. Perlu juga diperhatikan kondisi tubuh selama perjalanan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui titik-titik area istirahat dan posko mudik yang bisa dimanfaatkan.

Untuk menjaga mood selama berkendara, bisa pengemudi bisa menyiapkan playlist lagu yang disukai atau mengobrol agar tidak mudah mengantuk selama perjalanan.

Kedua, pastikan kendaraan prima. Selain menjaga kondisi tubuh, pastikan pula kondisi kendaraan tetap prima. Sebelum mudik, penting untuk melakukan pengecekan rutin pada kendaraan di bengkel terdekat.

Pastikan mengecek seluruh aspek pada kendaraan hingga ke hal-hal sederhana seperti tekanan angin ban dan kondisi lampu kendaraan. Dengan begitu, pengalaman berkendara selama mudik akan semakin nyaman dan aman.

Baca juga: Hindari santan dan lemak tinggi seusai mudik Lebaran

Ketiga, siapkan perbekalan yang cukup.
Panjangnya perjalanan mudik membuat ketersediaan perbekalan logistik menjadi penting. Pastikan membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk mengisi tenaga selama di jalan.

Pertimbangkan juga untuk membawa bantal yang dapat meningkatkan kenyamanan. Jika membawa anak, pastikan untuk mempersiapkan seluruh perlengkapannya agar sang buah hati bisa merasa nyaman selama perjalanan mudik.

Dalam kesempatan itu, HMID turut menggelar kampanye #DiantarSangBintang. Lewat kampanye ini, masyarakat bisa menikmati perjalanan ke kampung tanpa memikirkan ongkos transportasi sambil menikmati pengalaman berkendara yang lebih nyaman bersama keluarga menggunakan Hyundai Stargazer.

Kampanye tersebut juga menjadi cara Hyundai untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat dengan berbagi kebahagiaan memberi kesempatan untuk kembali berkumpul bersama keluarga dan melepas kerinduan akan kampung halaman.

#DiantarSangBintang akan memberikan hadiah uang tunai serta perjalanan mudik yang bebas khawatir bersama Stargazer bagi 10 pemenang beruntung.

Masyarakat dapat berpartisipasi pada kompetisi foto dari kampanye #DiantarSangBintang dengan cara mengunggah foto orang yang paling dirindukan ke akun Instagram pribadi, lengkap dengan caption yang menceritakan kerinduan pada orang tersebut dan menyebutkan lokasi awal dan tujuan mudik yang diinginkan.

Pastikan akun Instagram yang digunakan aktif dan tidak di-private. Follow akun Instagram @hyundaimotorindonesia dan wajib menggunakan tagar #DiantarSangBintang, tag @hyundaimotorindonesia, dan mention tiga orang untuk mengikuti kompetisi foto ini.

Hyundai akan memilih 20 orang peserta dengan cerita terbaik sebagai finalis yang selanjutnya akan mengikuti tahap voting. Total 10 orang pemenang akan mudik dengan Hyundai Stargazer dan mendapat THR senilai Rp20 juta untuk masing-masing pemenang.

Periode mengunggah konten di kompetisi foto tersebut berlangsung pada 3 hingga 28 Maret 2023.


Baca juga: Ramuan herbal untuk atasi lelah mudik

Baca juga: Hal yang harus disiapkan sebelum perjalanan mudik

Baca juga: Tips sehat bagi pemudik saat tiba di kampung halaman menurut pakar
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023

Patut dicoba, tips peregangan fisik agar bebas pegal selama mudik