UPTD dan URC tersebut memiliki tugas melakukan penambalan lubang-lubang jalan selama 15 hari ke depan. Sehingga, di momentum Lebaran jalan Kabupaten Magetan kondisinya sudah baik untuk arus mudik dan balik
Magetan (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Magetan, Jawa Timur memelihara jalan di wilayah setempat sebagai upaya menghadapi arus mudik dan balik pada liburan Lebaran 2023.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan Muhtar Wahid mengatakan pemeliharaan jalan dilakukan dengan penambalan lubang jalan yang melibatkan empat Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) serta satu tim Unit Reaksi Cepat (URC).

"UPTD dan URC tersebut memiliki tugas melakukan penambalan lubang-lubang jalan selama 15 hari ke depan. Sehingga, di momentum Lebaran jalan Kabupaten Magetan kondisinya sudah baik untuk arus mudik dan balik," ujar Muhtar di Magetan, Rabu.

Guna melancarkan proses pemeliharaan jalan tersebut, Dinas PUPR Kabupaten Magetan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp700 juta untuk masing-masing UPTD.

"Selain akses jalan jalur mudik, jalur menuju sejumlah objek wisata juga telah dibenahi. Ini menggunakan dana untuk pemeliharaan rutin yang dimiliki Dinas PUPR," kata dia.

Data Dinas PUPR mencatat, terdapat lebih dari 174 kilometer ruas jalan di Magetan yang dilewati pemudik. Di antaranya, jalur Madigondo–Gorang Gareng, perbatasan Ponorogo Parang-Lembeyan, perbatasan dengan Ngawi, jalur alternatif ke Jawa Tengah Magetan- Wonogiri, Magetan-Karanganyar, dan jalur Turus–Plaosan.

Muhtar Wahid menambahkan, pengerjaan tambal sulam jalan berlubang tersebut bertujuan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah maupun wisatawan yang berlibur ke Magetan di liburan Lebaran 2023.

Baca juga: Perajin jajanan emping melinjo Magetan ramai pesanan jelang Ramadhan

Baca juga: Disparbud catat lama tinggal wisatawan di Magetan masih rendah

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023