Pontianak (ANTARA) - Sebanyak 180 meriam karbit disiapkan untuk memeriahkan malam takbiran menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam pertemuan teknis mengenai pelaksanaan penilaian dalam festival meriam karbit tahun 2023 di Pontianak, Senin, Ketua Forum Komunikasi Meriam Karbit Kota Pontianak Fajriudin Anshari menyampaikan bahwa ada 17 kelompok yang menyiapkan 97 meriam karbit di wilayah Kecamatan Pontianak Timur.

Selain itu, ia melanjutkan, ada 13 kelompok yang menyiapkan 78 meriam karbit di Kecamatan Pontianak Selatan dan Pontianak Tenggara.

"Kemudian tadi saat rapat ada penambahan baru dari kelompok pemuda Bansir, mereka punya lima meriam karbit, sehingga digabung seluruhnya menjadi 180 meriam karbit," katanya.

Dari 30 kelompok yang menyiapkan meriam karbit, ia mengatakan, hanya 21 kelompok yang akan mengikuti penilaian dalam festival yang diselenggarakan pada malam takbiran.

"Sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan dalam forum, satu kelompok dapat mengikutkan lima buah meriam balok, tidak boleh lebih atau kurang dari itu. Jadi, sembilan yang tidak ikut serta dalam festival nanti hanya ekshibisi saja," katanya.

Dia menjelaskan bahwa penilaian pembuatan meriam karbit meliputi bunyi dentuman (50 persen), aspek seni dan budaya (30 persen), dan kinerja tim (20 persen).

"Motif yang termasuk dalam nilai kesenian itu disepakati tidak boleh menggunakan mal, tetapi harus kreasi sendiri secara manual. Terkait budaya juga harus kreasi sendiri, tidak boleh membawa barang yang sudah jadi," katanya.

Fajriudin mengatakan bahwa hadiah yang disiapkan bagi pemenang lomba meriam karbit tahun 2023 nilainya total Rp44 juta.

"Total hadiah dari Pemkot itu sebesar Rp44 juta. Juara pertama mendapat uang Rp15 juta, juara kedua Rp10 juta, juara ketiga Rp7 juta," katanya.

Ia melanjutkan, juara harapan satu akan mendapatkan uang Rp5 juta, juara harapan dua dapat hadiah Rp4 juta, dan juara harapan tiga dapat hadiah yang Rp3 juta.

Pembukaan festival meriam karbit, menurut dia, rencananya diselenggarakan di Kelurahan Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur.

"Nanti akan dibuka langsung oleh Gubernur Kalbar dengan tanda penyulutan meriam karbit bersama Forkopimda lainnya saat malam takbiran," katanya.

Baca juga:
Pontianak kembali gelar Festival Meriam Karbit
Masyarakat Pontianak sambut malam Lebaran dengan meriam karbit

Pewarta: Rendra Oxtora dan Sucia Lucinda
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023